Internasional

Masih Gempur Ukraina, Kemajuan Rusia Tak Sesuai Harapan

News - luc, CNBC Indonesia
31 May 2022 13:40
Seorang tentara pertahanan wilayah Ukraina berjalan melewati reruntuhan sebuah bangunan yang terkena tembakan di pinggiran wilayah separatis Donetsk (Donbas).. (LightRocket via Gett/SOPA Images)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia terus menggempur Ukraina di bagian timur. Hasilnya, pasukan Presiden Vladimir Putin telah menguasai sepertiga kota Severodonetsk.

Namun, hal itu tampaknya tercapai lebih lama dari harapan semula akibat kemampuan bertahan Ukraina yang ternyata di luar dugaan.


Leonid Pasechnik, pemimpin Republik Rakyat Luhansk, bagian wilayah separatis Ukraina yang mendapat dukungan Moskow, mengatakan gempuran Rusia telah membuat sebagian besar Severodonetsk menjadi reruntuhan dan pasukan Moskow telah memasuki pinggiran tenggara dan timur laut kota.

Namun, pertahanan Ukraina telah memperlambat serangan Rusia yang lebih luas di seluruh wilayah Donbas.

"Kami dapat mengatakan bahwa sepertiga dari Severodonetsk sudah berada di bawah kendali kami. Tapi kami ingin, di atas segalanya, menjaga infrastruktur kota," tuturnya, mengutip laporan kantor berita Rusia, TASS, Selasa (31/5/2022).

Selain itu, kemajuan pasukan Rusia diperumit dengan kehadiran beberapa pabrik kimia besar di daerah Severodonetsk.

Perlu diketahui, Rusia telah mendesak untuk merebut seluruh wilayah Donbas, yang terdiri dari wilayah Luhansk dan Donetsk yang diklaim Moskow atas nama proksi separatis.

Serangan Rusia di timur pun kian fokus setelah pasukan Moskow tak lagi menggempur Kyiv yang telah 'ditinggalkan'.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bye! Ukraina Umumkan Pesawat Raksasa Ini Tak Terbang Lagi


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading