Internasional

Ternyata Korut Impor Jutaan Masker Sebelum Ada Laporan Covid

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
27 May 2022 20:45
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengenakan masker di tengah wabah penyakit virus corona (COVID-19), saat memeriksa apotek di Pyongyang. (via REUTERS/KCNA)

Jakarta, CNBC Indonesia - Beberapa bulan sebelum mengakui adanya kasus Covid-19, Korea Utara (Korut) ternyata diam-diam mengimpor jutaan masker wajah dan 1.000 ventilator, serta kemungkinan vaksin dari China.

Sebagaimana diketahui, media negara Korut mengungkapkan adanya wabah Covid-19 dua minggu lalu. Sementara catatan data perdagangan China menunjukkan Korut mulai menimbun masker dan alat kesehatan lainnya jauh sebelum pengumuman tersebut.


Melansir Reuters, Korut tidak melakukan kampanye vaksin Covid-19 yang signifikan. Namun, pada Februari, China mengekspor vaksin tak dikenal senilai US$ 311.126 ke tetangganya tersebut, menurut data yang dirilis Mei ini. China melaporkan tidak ada ekspor vaksin lain ke Korut untuk bulan lainnya tahun ini.

Berdasarkan data dari Januari hingga April, Korut membeli lebih dari 10,6 juta masker dari China, setelah tidak membelinya pada Desember 2021. Dalam empat bulan itu, China juga mengekspor hampir 95.000 termometer, lebih dari 33 kali dari jumlah total 2021.

China mengekspor 1.000 ventilator non-invasif ke Korut pada bulan April, senilai US$ 266.891, serta pasokan laboratorium yang dapat digunakan dalam paket alat uji Covid-19. Impor alat medis lainnya termasuk sarung tangan karet dan pakaian pelindung.

Secara keseluruhan, ekspor China ke Korut mencapai US$ 98,1 juta pada April, tertinggi sejak Januari 2020 dimana tercatat US$ 186,8 juta.

Korut menutup perbatasannya hingga hampir semua perdagangan untuk sebagian besar pandemi dan hanya baru-baru ini menerima pasokan dan produk dengan kereta api dan kapal dari China.

Bahkan, menurut sumber diplomatik, tiga pesawat dari Air Koryo Korut tiba di China dan kembali ke Pyongyang pekan lalu membawa pasokan medis.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Korut Mau Tembak Nuklir Pekan Ini, Kim Jong Un Siap Perang?


(tfa/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading