Internasional

Teror Bom Guncang Masjid-masjid Afghanistan, Imam Tewas

News - sef, CNBC Indonesia
26 May 2022 06:33
Bom bunuh diri ISIS di masjid komunitas Muslim Syiah di Kota Kunduz, Afghanistan, saat Salat Jumat (8/10) digelar, menewaskan 100 orang. (AP/Abdullah Sahil)

Jakarta, CNBC Indonesia - Teror bom terjadi di sejumlah masjid di Afghanistan, Rabu (25/5/2022) malam. Setidaknya ada dua kejadian, di ibu kota Kabul dan provinsi Balkh utara.

Di masjid Kabul, juru bicara otoritas setempat mengatakan sedikitnya ada lima korban tewas dan dua korban luka. Namun, Reuters memuat dari seorang pejabat Taliban, ada 14 orang tewas termasuk imam masjid dan 26 terluka.


"Bahan peledak telah ditempatkan di dalam mimbar masjid," ujar pejabat itu dengan syarat anonim.

Sementara itu tiga ledakan lain terjadi di Balkh dan menewaskan 15 orang dan 10 luka. Dia menambahkan bahwa delapan dari yang terluka berada dalam kondisi kritis dan beberapa kakinya diamputasi.

Mohammad Asif Wazeri, juru bicara komandan provinsi Balkh, mengatakan bahwa tiga ledakan menargetkan anggota komunitas Syiah. Ini merupakan minoritas agama di Afghanistan.

Afghanistan telah menghadapi peningkatan kekerasan dalam beberapa bulan terakhir. Ini menyebabkan tantangan keamanan bagi Taliban yang mengambil alih negara itu pada Agustus 2021, saat pasukan asing menarik diri.

Tidak jelas siapa yang berada di balik serangan itu. Namun ISIS telah mengklaim beberapa serangan yang menargetkan minoritas Syiah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Wahai Negara Muslim, Ada Pesan Taliban Mohon Disimak!


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading