Internasional

Awas Putin Ngamuk, AS Bakal Kirim Pasukan Khusus ke Ukraina

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
23 May 2022 08:00
A soldier of the U.S. 2nd Cavalry Regiment stands in a combat vehicle as gear is prepared for deployment to Romania at Rose Barracks in Vilseck, Germany, February 9, 2022.  REUTERS/Lukas Barth

Jakarta, CNBC Indonesia - Amerika Serikat (AS) tengah mempertimbangkan mengirimkan pasukan khusus ke ibu kota Kyiv, Ukraina. Namun ini bukan untuk membantu negeri itu berperang melawan Rusia.

Dikutip CNBC International dari Wall Street Journal, pengiriman pasukan khusus adalah untuk menjaga kedutaan AS yang kini dibuka kembali. AS membuka lagi kedutaannya pekan lalu setelah tutup sejak 14 Februari dan sempat memindahkannya ke Lviv, Ukraina bagian Barat.


"Pasukan akan dikerahkan semata-mata untuk melindungi kedutaan," tulis laporan tersebut dikutip Senin (23/5/2022). "Namun, pemerintah (AS) harus menyeimbangkan kekhawatirannya." 

Ini tak lain karena kemungkinan Presiden Rusia Vladimir Putin terprovokasi. Hal itu bisa membahayakan keselamatan diplomat Amerika di kawasan karena terletak dalam jangkauan rudal Rusia.

Meski demikian, dalam laporan yang sama, dikabarkan bahwa Presiden AS Joe Biden  disebut belum mengetahui hal ini. Presentasi akan dilakukan dalam waktu dekat.

Ukraina telah diserang Rusia sejak 24 Februari 2022. Salah satu penyebabnya adalah, keinginan Ukraina masuk NATO, yang dipimpin oleh AS.

Jumat, Rusia memutus gas Finlandia, karena keputusannya bergabung dengan NATO. Finlandia sendiri bersama Swedia sudah memberikan proposal lamaran ke NATO awal pekan lalu.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Waspada! Pasukan Rusia Siapkan Serangan Baru ke Kyiv


(sef/sef)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading