Jokowi Ungkap Penyebab Mahalnya Harga Minyak Goreng Lokal

News - Damiana Cut Emeria, CNBC Indonesia
23 May 2022 07:30
Antrean warga untuk mendapatkan minyak goreng di Pasar Senen, Jakarta, Kamis (17/3/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, harga minyak goreng saat ini sudah turun. Terutama setelah ekspor minyak goreng dan bahan bakunya dilarang mulai Kamis (28/4/2022).

Saat pembukaan Munas V Projo di Magelang, Jokowi pun memaparkan pemicu meledaknya harga minyak goreng di dalam negeri. Yaitu, akibat lonjakan harga sejak awal Januari 2022.

"Karena harga minyak goreng terutama di Eropa, di Amerika naiknya tinggi, harga di dalam negeri ketarik (naik harganya)," jelas Jokowi seperti dilansir detikfinance, Minggu (22/5/2022).


Hal itu, diakuinya menjadi alasan produsen minyak goreng di dalam negeri lebih memilih mengekspor minyak goreng dibandingkan memasok di dalam negeri. Akibatnya, terjadi kenaikan harga minyak di dalam negeri karena kelangkaan stok.

Jokowi pun mengerahkan anak buahnya menempuh berbagai strategi. Namun jurus yang gonta-ganti itu akhirnya mengambil langkah ekstrem. Jokowi menutup ekspor CPO dan sejumlah turunannya.

Namun, kini pelarangan itu sudah dicabut.

Alasannya, Jokowi mengaku mendapat laporan bahwa harga minyak goreng sudah turun. Dan pasokan di dalam negeri mulai berlimpah.

"Berdasarkan kondisi pasokan dan harga minyak goreng saat ini serta mempertimbangkan adanya 17 juta orang tenaga kerja di industri sawit, baik petani, pekerja, dan juga tenaga pendukung lainnya, maka saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022," kata Jokowi, Kamis (19/5/2022).

"Saya meyakini dalam beberapa minggu ke depan harga minyak goreng curah akan makin terjangkau menuju harga yang kita tentukan karena ketersediaannya makin melimpah,"lanjut Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Misterius! Pasokan Ditambah, Stok Migor di Pasar Masih Langka


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading