Sering Ditanya Apa Manfaat APBN, Ini Jawaban Sri Mulyani!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
19 May 2022 17:35
Menteri Keuangan Sri Mulyani Saat Konfrensi Pers APBN KiTa Edisi Maret 2022. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati seringkali ditanya mengenai manfaat anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) terhadap masyarakat umum.

Salah satunya upaya menahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite padahal harga minyak (ICP) sudah mencapai US$ 100 per barel.


"Masyarakat kemarin mudik dengan mobil pakai Pertalite itu bagian yang jadi harus dibayar pemerintah ke Pertamina dalam bentuk kompensasi Rp 114,7 triliun kalau harga minyak terus di atas US$ 100," kata dia dalam Raker Banggar, Kamis (19/5/2022).

Selain pemerintah juga menambah anggaran untuk perlindungan sosial yang akan diberikan dalam bentuk bantuan sosial langsung tunai (BLT) kepada 20,56 juta masyarakat. Anggaran tambahannya mencapai Rp 18,6 triliun.

Menurutnya, ini adalah bukti bahwa pemerintah melindungi masyarakat melalui APBN di tengah kondisi yang sulit sekalipun. Dan semua bantuan ini masuk dan dinikmati langsung oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Jadi kalau masyarakat bertanya apa manfaat APBN buat mereka ya ini, yang kita berikan dalam bentuk listrik, bbm dan perlindungan sosial. Itu adalah langsung dinikmati masyarakat," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tok! DPR Setujui Tambahan Subsidi, Harga BBM-Listrik Tak Naik


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading