Bukan Kopiko, Jokowi Disajikan Makanan Ini Oleh Elon Musk

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
19 May 2022 09:20
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Space X di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu, 14 Mei 2022. Presiden tiba di Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat disambut langsung oleh Elon Musk selaku founder Space X.(Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pertemuan antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Elon Musk, pemilik Tesla & SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu masih menyisakan cerita bagi sebagian khalayak.

Dalam pertemuan tersebut, Elon Musk yang hanya mengenakan kaos oblong saat bertemu Jokowi menjadi cerita tersendiri. Sepatu lokal yang digunakan Jokowi saat pertemuan juga menjadi buah bibir di Malaysia.


Teranyar, cemilan yang disediakan Elon Musk untuk orang nomor satu Indonesia itu saat pertemuan pun dibicarakan.

Hal ini terungkap dalam foto pertemuan yang diunggah Jokowi dalam akun Instagram resminya @jokowi, seperti dikutip CNBC Indonesia, Kamis (19/5/2022).

Jokowi Bertemu Elon Musk (Ist Instagram Setkab)Foto: Jokowi Bertemu Elon Musk (Ist Instagram Setkab)
Jokowi Bertemu Elon Musk (Ist Instagram Setkab)

Dalam foto tersebut, Jokowi terlihat asyik berbincang dengan Elon Musk di sebuah ruang rapat. Ruangan rapat itu diyakini sebagai tempat Elon Musk saat menerima Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

Foto tersebut juga menampilkan sebuah cemilan manis berupa roti kecil isi cokelat dengan taburan gula putih di atasnya. Kue kering itu diyakini adalah sajian yang sengaja disiapkan untuk Jokowi.

Sajian ini cukup berbeda kala Elon Musk bertemu dengan Luhut. Saat kunjungan Luhut ke pabrik SpaceX beberapa waktu lalu, ada permen Kopiko ruang rapat SpaceX. Permen pabrikan Indonesia itu pun sempat menjadi objek foto.

Saat memberikan keterangan pers usai pertemuan, Jokowi mengemukakan pertemuannya dengan Elon Musk adalah terkait dengan kerja sama di masa depan, dan merupakan tindak lanjut dari pertemuan Elon dengan Luhut sebelumnya.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," kata Jokowi.

Elon Musk mengaku siap menjajaki kerja sama dengan Indonesia. Menurutnya Indonesia punya potensi yang besar dan banyak bidang.

"Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," kata Elon Musk.

Pembahasan kerja sama dengan Elon Musk sebenarnya bukanlah yang pertama kalinya. Sebab pada akhir 2020 lalu, Jokowi bersama Luhut pernah menelepon miliarder dan pengusaha itu untuk berdiskusi terkait peluang investasi pada perusahaan mobil listrik Indonesia.

Kedua pihak juga bertukar pandangan soal industri mobil listrik dan komponen utama baterai listrik. Selain itu Jokowi mengajak Elon Musk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX.

Kala itu, Elon Musk menanggapi undangan Jokowi dengan rencana mengirimkan timnya pada Januari 2021. Namun tak berselang lama, Tesla dilaporkan membangun pabrik di India dan melakukan kesepakatan dengan perusahaan tambang nikel di Australia.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Diajak Elon Musk ke Markas SpaceX, Mau ke Mars?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading