Puan Ajak Semua Umat Jaga Kerukunan di Momen Waisak

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
17 May 2022 18:54
Ketua DPR RI, Puan Maharani

Jakarta,CNBCIndonesia- Dalam memperingati hari raya Waisak yang jatuh pada 16 Mei kemarin, Ketua DPR RI Puan Maharani Puan mengajak umat Buddha di tanah air untuk membangun nilai-nilai luhur bangsa, sekaligus merefleksikan kembali ajaran-ajaran Sidharta Buddha Gautama.

Menurutnya, ajaran Sidharta Buddha Gautama yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan mendalam, serta pencerahan tentang hakikat dan makna kehidupan umat buddha yang sejati, sesuai dengan tema Waisak Nasional 2022 yakni Moderasi Untuk Indonesia Bahagia.

Puan menjelaskan, nilai-nilai universal dharma Sang Buddha tersebut penting artinya dalam membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian.


"Secara garis besar Waisak tahun ini mengingatkan kita semua untuk lebih dan terus menjaga dan memelihara kerukunan atau moderasi antar umat beragama," ujar Puan dalam keterangan tertulis, Selasa (17/5/2022).

Selain itu, Puan menambahkan bahwa Waisak tahun ini dirayakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Oleh karena itu, ajaran Buddha untuk saling membantu sesama di masa sulit ini sangat relevan.

Tidak lupa, Puan mengajak seluruh umat Buddha di seluruh tanah air untuk menjadikan peringatan Hari Suci Waisak tahun ini sebagai momentum dalam membangun nilai-nilai luhur bangsa untuk tetap menjaga sesanti yang ditulis dalam kitab Sutasoma, Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa.

"Selamat Tri Suci Waisak. Semoga semua makhluk selalu hidup tenang, tenteram dan berbahagia," pungkas Puan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Request DPR: Pemerintah Bangun Bandara di Tabalong Kalsel


(dpu/dpu)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading