Internasional

Sudah Bulat! Jerman Setop Impor Minyak dari Rusia

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
16 May 2022 13:10
The seized Russian-flagged oil tanker Pegas is seen anchored off the shore of Karystos, on the Island of Evia, Greece, April 19, 2022. REUTERS/Vassilis Triandafyllou REFILE - CORRECTING YEAR

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Jerman sudah bulat dan memutuskan untuk menghentikan impor minyak mentah dari Rusia. Langkah ini akan dimulai pada pada akhir tahun.

Penghentian impor minyak ini bahkan bakal tetap dilakukan oleh Jerman meski Uni Eropa gagal menyepakati paket sanksi terbaru terhadap Rusia.

"Upaya untuk menyegel kesepakatan dengan pemasok alternatif sedang berlangsung di kanselir di Berlin dan pemerintah yakin dapat menyelesaikan masalah logistik yang tersisa dalam enam hingga tujuh bulan ke depan, menurut para pejabat, yang berbicara dengan syarat anonim," ujar pejabat pemerintah Jerman yang dikutip dari Al Jazeera, Senin (16/5/2022).


Sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan, perlunya negara mitra untuk memperkuat sanksi terhadap Rusia. Terutama bagi negara-negara Eropa untuk melarang impor minyak Moskow.

Dengan demikian maka ketergantungan negara-negara Eropa terhadap energi Rusia bisa segara berakhir.

"Mitra perlu membuat keputusan yang membatasi hubungan Rusia dengan dunia setiap minggu. Para penjajah harus merasakan meningkatnya biaya perang untuk mereka, merasakannya terus-menerus," kata Zelenskyy dalam pidato malamnya.

"Sekarang prioritasnya adalah embargo minyak. Tidak peduli seberapa keras Moskow mencoba untuk mengganggu keputusan ini, waktu ketergantungan Eropa pada sumber daya energi Rusia akan segera berakhir," tambahnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Astaga! Jerman Jadi Korban Sanksi Perang ke Rusia, Kok Bisa?


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading