Kang Emil Segera Mulai, PNS Jabar Tak Perlu Lagi ke Kantor

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 May 2022 13:10
INFOGRAFIS, Juara Klasemen Investasi

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menerapkan sistem kerja Work From Home (WFH) alias kerja dari rumah secara permanen 100%. Rencana ini sudah dalam kajian Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Dengan demikian, maka nantinya PNS yang ada di wilayah Jawa Barat tak perlu lagi ke kantor.


"Nanti kita akan jadikan sebuah pola baru, contohnya tidak usah bertemu kalau di zoom sudah beres. Nanti akan dikasih contoh apabila via zoom bisa dipermanenkan," ujarnya saat memimpin apel pagi di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar awal pekan lalu.

Mengenai rencana Ridwan Kamil ini, Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama mengatakan istilahnya bukan lagi WFH melainkan WFA (Work From Anywhere) alias bisa bekerja dari mana saja.

Artinya, PNS tak harus bekerja dari rumah namun bisa dari mana saja. PNS bisa kerja dari pinggir pantai, di mall, cafe hingga restoran selama terhubung dengan jaringan internet.

"Jadi mungkin konsepnya "Work from Anywhere", yang penting kinerja dan target tercapai," kata dia kepada CNBC Indonesia.

Namun, ia menilai bahwa ini tidak bisa dilakukan 100% untuk seluruh PNS. Sebab, ada PNS yang pekerjaannya mengharuskan untuk kehadiran fisik di kantor atau lapangan.

"Kalau yang bersinggungan langsung dan yang membutuhkan kehadiran fisik tetap masuk (WFO)," jelas Satya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tantangan PNS Work From Anywhere: Bos Masih Mental Kolonial


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading