Cegah PNS Tidur & Malas-malasan, WFA Harus Diawasi Ketat

News - Redaksi, CNBC Indonesia
12 May 2022 17:40
pns upacara

Jakarta, CNBC Indonesia - Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan memulai kerja dengan gaya baru, yaitu work from anywhere (WFA). Hanya saja gaya tersebut harus disertai dengan pengawasan yang ketat dari atasan.

"Jadi, kita lakukan, tapi bagaimana mengawasinya, bagaimana melengkapi peraturan hukumnya, agar semua lebih efisien, korupsinya turun drastis, masyarakat lebih pandai," kata Agus kepada CNBC Indonesia, Kamis (12/5/2022).


Apabila tidak ada pengawasan, gaya baru ini akan menjadi persoalan baru untuk birokrasi. Sebab pimpinan tidak bisa memantau langsung aktivitas PNS saat bekerja.

"Jadi praktis orang nanti bisa tidur saja. Bekerja di kantor saja tidak tepat waktu, apa lagi online. Kalau online tidak tepat waktu kan kacau," ujarnya.

Belum lagi format kerja yang ada saat ini, yang biasanya dalam surat menyurat dan permintaan persetujuan memiliki standar tertentu di institusi kenegaraan. Oleh karena itu, untuk menuju WFA banyak hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan dengan matang.

"Itu semua instrumen-instrumen pendukungnya harus beres dulu, kan WFA tidak hanya modal HP atau modal notebook atau apapun, tapi harus menyiapkan semuanya. Surat menyurat bagaimana, untuk approval bagaimana, kan masih banyak. Realitas peraturan harus ada, pengawasan harus ada," jelas Agus.

Meski demikian, Agus tetap mendorong agar WFA bisa dimulai. Tentunya dengan persiapan yang matang pada berbagai lini.

"Jadi ini masih jauh dari sempurna, tapi dalam prosesnya harus dimulai karena semua sistem akan mengarah ke sana. Dan regulator ini harus hati-hati, karena kalau tidak pelayanan publiknya bisa merosot," kata Agus lagi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Kriteria PNS yang Bisa Kerja di Mana Saja, Anda Termasuk?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading