Simak! Begini Lho Asal Muasal Ide PNS Kerja dari Mana Saja

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 May 2022 09:57
INFOGRAFIS, Gokil PNS ini Gajinya Lebih dari Rp 100 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah sedang mengkaji penerapan sistem kerja baru bagi PNS. Nantinya disebut dengan WFA (Work From Anywhere) alias bisa kerja dari mana saja.

Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerjasama BKN, Satya Pratama pun mengungkapkan asal mula kebijakan ini digodok oleh pemerintah. Di mana karena keberhasilan Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah yang berhasil selama pandemi Covid-19.


"Jadi kalau WFA sebenernya ini kan karena kemarin pada saat pandemi, pelaksanaan WFH dan WFO berjalan baik, ASN terbukti efektif dan berkinerja baik dan publik dalam menerima dan meminta layanan bisa terlaksana dengan baik juga," ujarnya kepada CNBC Indonesia yang dikutip Jumat (13/5/2022).

Melihat kondisi ini, maka pemerintah memiliki ide agar sistem kerja tidak harus ke kantor diterapkan dalam jangka panjang meski nantinya tidak ada lagi pandemi. Namun, kali ini lebih fleksibel karena bekerja tidak perlu dari rumah tapi bisa dari mana saja.

"Jadi ASN dan juga publik telah berhasil beradaptasi dengan perubahan tersebut. Kemudian, melihat keberhasilan WFO WFH ini maka munculnya namanya wacana untuk WFA," imbuhnya.

Oleh karenanya, pada intinya kebijakan baru dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kinerja PNS. Sebab, berkaca pada keberhasilan WFH, ia menilai bahwa jika PNS bekerja ditempat yang dirasa nyaman maka kerjanya pun akan lebih maksimal.

"Tujuannya, kepuasan ASN meningkat maka nanti kinerjanya meningkat sehingga kualitas pelayanan yang diberikan kepada publik juga nantinya akan meningkat. Jadi ini saling menguntungkan," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Kriteria PNS yang Bisa Kerja di Mana Saja, Anda Termasuk?


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading