Lebaran Usai, Ternyata Belum Semua Pensiunan PNS Terima THR

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
11 May 2022 10:55
Infografis: PNS Untung Terima Pensiun Seumur Hidup atau Langsung Rp1 M?

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Keuangan mencatat pembayaran THR bagi seluruh PNS baik di Pemerintah Pusat maupun Daerah telah dilakukan 100%. Namun tidak sama halnya dengan THR pensiunan.

Dari data Kemenkeu, hingga 10 Mei 2022 pembayaran THR Pensiunan PNS baru mencapai 95,4% dari target, dengan rincian melalui PT Taspen Rp.7,444 triliun dan PT Asabri Rp 1,142 triliun.


"Untuk Pensiunan belum semua karena masih terdapat pensiunan yang belum mengambil THR-nya," ujar Direktur Pelaksanaan Anggaran Kemenkeu Tri Budhianto kepada CNBC Indonesia, Rabu (11/5/2022).

Ia menekankan bahwa pembayaran THR belum maksimal karena kendala pada pensiunan itu sendiri. Beberapa akun rekening pensiunan kini masih diblokir.

"Secara garis besar uang pensiun sudah di rekening pensiunan tetapi masih diblokir. Jika pensiunan sudah autentikasi maka blokir akan terbuka," jelasnya.

Oleh karenanya, ia mengimbau bagi Pensiunan yang belum menerima uang THR maka bisa melakukan autentikasi. Sehingga blokir bisa dibuka oleh pemerintah.

"Untuk (Pensiunan) yang sudah punya rekening dan ATM setelah autentikasi bisa diambil dimana saja, sedangkan untuk yang punya rekening tapi ATM belum ada atau belum buat setelah autentikasi pensiunan mengambil sendiri di bank atau kantor pos," pungkasnya.

Sementara itu, THR PNS yang sudah cair adalah sebagai berikut:

- ASN Pusat cair 100% kepada 1.808.440 pegawai dengan besaran anggaran Rp 11,362 triliun.

- ASN Pemda telah cair 100% kepada 542 daerah untuk 3.081.367 pegawai dengan nilai dana Rp 15,018 triliun.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

PNS Lama Maaf ya, Pensiunan Dapat Rp 1 M Cuma Buat Anak Baru!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading