Hepatitis Misterius Bisa Jadi Pandemi? Ini Kata Eks Bos WHO

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
10 May 2022 08:25
Infografis, Tanda-Tanda Anda Terinfeksi Hepatitis Misterius

Jakarta, CNBC Indonesia - Indonesia dan dunia saat ini dihebohkan dengan munculnya sebuah penyakit hepatitis terbaru. Penyakit itu diketahui cukup mematikan golongan usia anak-anak.

Hingga saat ini, penyakit hepatitis ini masih belum diketahui penyebabnya. Kementerian Kesehatan Indonesia pun meminta seluruh elemen masyarakat untuk lebih waspada.


Menurut mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara, Tjandra Yoga Aditama, perkembangan penyakit ini masih terus dipantau. Ia menyebut dari pemantauan ini WHO akan dapat menyatakan apakah hepatitis ini dapat menjadi pandemi atau tidak.

"Artinya, penempatan penyakit tertentu di dalam Disease Outbreak News (DONs) justru maksudnya agar dunia mengetahui informasi awal dan menjadi perhatian bersama, belum tentu berarti akan menjadi wabah luas dunia (pandemi) atau tidak," katanya dalam keterangan tertulis sebagaimana telah diberitakan detikcom, Senin (9/5/2022).

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Saat ini, WHO masih berfokus pada penelusuran penyebab dari penularan ini.

"Kita belum tahu seberapa cepat penularannya. Tetapi kalau melihat begitu banyak negara yang sekaligus melaporkan, saya kira potensi untuk menjadi pandemi itu ada. Tapi di Indonesia kita belum tahu bagaimana penyebaran berikutnya," kata Dokter Spesialis Anak dari IDAI Hanifah Oswari, seperti dikutip melalui CNN Indonesia.

Sejauh ini WHO telah menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) pada kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika, dan Asia sejak 15 April 2022.

Dalam hal jenis hepatitis yang muncul baru-baru ini, beberapa anak menderita gagal hati akut dan sejumlah kecil, di antaranya memerlukan transplantasi hati.

Umumnya hepatitis disebabkan oleh infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, penggunaan obat tertentu, penyakit autoimun, dan infeksi cacing hati. Namun hingga kini, belum diketahui penyebab hepatitis misterius secara pasti.

Otoritas kesehatan Inggris memperkirakan bahwa infeksi adenovirus menjadi faktor penyebab wabah hepatitis misterius. Sebab dari seluruh kasus di Inggris, setengah dari total kasus terkonfirmasi positif adenovirus dan sebagian lainnya positif terinfeksi hepatitis misterius.

Bahkan dari 169 kasus yang terdeteksi oleh WHO, sebanyak 74 di antaranya terinfeksi adenovirus.

"Adenovirus adalah keluarga virus umum yang biasanya menyebabkan berbagai penyakit ringan dan kebanyakan orang sembuh tanpa komplikasi," kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris (UKHSA), seperti dikutip EuroNews

Akan tetapi, ada kemungkinan mereka terinfeksi tipe baru adenovirus sehingga gejalanya cukup berat. Hanya saja, WHO belum bisa memberikan kejelasan mengenai wabah hepatitis misterius ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Kemenkes Warning Hepatitis "Misterius" pada Anak


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading