Segala Hal Soal Hepatitis Akut Misterius yang Harus Diketahui

News - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
06 May 2022 13:30
Infografis, Tanda-Tanda Anda Terinfeksi Hepatitis Misterius

Jakarta, CNBC Indonesia - Penyakit Hepatitis Akut misterius kini sedang ramai dibicarakan karena sifatnya yak berbeda dengan hepatitis biasa. Penyakit ini dilaporkan banyak diderita anak usia 1 bulan-16 tahun.

Hepatitis akut dikatakan misterius karena bukan timbul dari virus penyebab hepatitis A-E. Virus ini pertama kali dilaporkan keberadaannya di Inggris Raya pada 5 April lalu. Kemudian, pada 8 April ada 3 negara lain yang melaporkan kasus serupa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) lantas menetapkan penyebaran hepatitis misterius ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) per 15 April. Hampir sepekan setelahnya, dilaporkan sudah ada 170 kasus pada 12 negara.


Penyakit misterius ini diduga sudah masuk ke Indonesia karena pada 16-30 April ada 3 kasus pasien anak hepatitis akut yang ditemukan meninggal dunia.

Gejala awal penderita hepatitis akut adalah mual, muntah, diare berat, dan demam ringan. Kemudian, jika sudah sampai tahap parah, penderita biasanya akan menunjukkan warna mata dan kulit yang menguning.

Air kencing anak penderita penyakit ini juga akan berwarna pekat dan BAB dengan warna putih pucat. Selain itu, ada juga penderita yang mengalami gangguan pembekuan darah, kejang, serta menurun kesadarannya.

Cara Mencegah Hepatitis Akut
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading