Internasional

Peringati PD II, Presiden Ukraina Yakin Menang atas Rusia

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
10 May 2022 06:20
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara selama konferensi media di KTT Kemitraan Timur di Brussels, Rabu (15/12/20221).  (Johanna Geron/ Pool Photo via AP)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan negaranya akan menang dalam perang dan tidak akan menyerahkan wilayah apa pun kepada Rusia. Hal ini disampaikannya saar memperingati kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

"Pada Hari Kemenangan atas Nazisme, kami berjuang untuk kemenangan baru. Jalannya sulit, tapi kami yakin kami akan menang," katanya dalam pidato tertulis, Senin (9/5/2022), dikutip dari Reuters.


Zelensky mengatakan warga Ukraina adalah orang bebas yang telah berjuang untuk mempertahankan tanah mereka berkali-kali dalam sejarah dan memiliki "jalannya sendiri".

"Hari ini kami mengobarkan perang di jalan ini dan kami tidak akan memberikan kepada siapa pun sebidang tanah kami ... dan kami tidak akan memberikan kepada siapa pun satu bagian dari sejarah kami," katanya.

"Kami bangga dengan nenek moyang kami yang, bersama dengan negara-negara lain dalam koalisi anti-Hitler, mengalahkan Nazisme. Dan kami tidak akan membiarkan siapa pun mencaplok kemenangan ini, kami tidak akan membiarkannya diambil alih."

Tidak hanya itu, Zelensky juga mengatakan tidak ada penjajah yang bisa berakar di tanah bebas negaranya. "Tidak ada penyerbu yang bisa menguasai orang-orang bebas kita. Cepat atau lambat kita akan menang," tambahnya.

Rusia juga menandai peringatan kemenangan Perang Dunia Kedua Uni Soviet. Presiden Vladimir Putin memimpin parade pasukan, tank, roket, dan rudal balistik antarbenua di Lapangan Merah Moskow, dan berpidato.

Rusia sendiri telah menyerang Ukraina sejak 24 Februari lalu. Perang kedua negara tetangga ini membuat kota-kota di Ukraina menjadi puing-puing dan memaksa lebih dari 5 juta orang mengungsi ke luar negeri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mengintip Gaji-Kekayaan Putin dan Zelensky, Jokowi Lewat?


(tfa/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading