Internasional

Negara G7 Sepakat Hukum Rusia, Seperti Apa?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
09 May 2022 10:55
KTT G7.

Jakarta, CNBC Indonesia - Kelompok tujuh negara yang tergabung dalam G7 menyatakan sikapnya terkait serangan Rusia ke Ukraina. Hal ini terungkap pasca pembicaraan pemimpin G7 dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Minggu (8/5/2022).

Dalam pernyataan bersama, kelompok tujuh negara demokrasi besar yang juga diikuti Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara Eropa itu menjatuhkan sanksi terhadap tiga stasiun televisi Rusia, larangan penyediaan layanan akuntansi dan konsultasi untuk Rusia, serta sanksi eksekutif dari Gazprombank Rusia.


Selain itu, ketujuh negara itu juga berkomitmen untuk menghapus ketergantungan pada energi Rusia yang dianggap saat ini merupakan urat nadi dari perekonomian negara itu untuk membiayai serangan ini.

"Kami akan memastikan bahwa kami melakukannya secara tepat waktu dan teratur, dan dengan cara yang menyediakan waktu bagi dunia untuk mengamankan pasokan alternatif," kata pernyataan bersama G7 seperti dikutip Al Jazeera.

"Kami akan melanjutkan dan meningkatkan kampanye kami melawan elit keuangan dan anggota keluarga, yang mendukung Presiden Putin dalam upaya perangnya dan menyia-nyiakan sumber daya rakyat Rusia."

Di sesi yang sama, G7 juga menyatakan akan terus memberikan bantuan militer dan ekonomi yang disebut bertujuan untuk membantu Ukraina mengamankan 'masa depannya yang bebas dan demokratis.'

Selain sesi G7, beberapa pemimpin negara anggota aliansi itu seperti Amerika Serikat (AS) dan Kanada juga langsung mengadakan kontak bilateral dengan Ukraina.

Ibu Negara AS, Jill Biden, melakukan perjalanan mendadak pada hari Minggu ke kota Uzhhorod, Ukraina. Di sana, Jill Biden ditemani Ibu Negara Ukraina Olena Zelenska mengunjungi sebuah sekolah yang dijadikan tempat tinggal sementara bagi para pengungsi.

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau juga dikabarkan telah melakukan perjalanan ke Ukraina dan akan bertemu langsung dengan Presiden Zelensky. Menurut sekretaris pers pemerintahan Trudeau Cecely Roy, kunjungan ini untuk menegaskan dukungan Ottawa terhadap Ukraina

"Perdana Menteri berada di Ukraina untuk bertemu dengan Presiden Zelensky dan menegaskan kembali dukungan Kanada yang tak tergoyahkan untuk rakyat Ukraina," kata Roy kepada CNN International.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jepang Akan Stop Impor Minyak Rusia, tapi...


(luc/luc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading