H+5 Lebaran, 46 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jabodetabek

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
08 May 2022 16:03
Lalu lintas Jalan KH Noer Ali Inspeksi Kalimalang macet berkilo-kilometer imbas penutupan ruas tol mengarah ke Cikampek pada Sabtu (7/5/2022). (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Perhubungan mencatat bahwa hingga hari ini, Minggu (8/5/2022), atau H+5 Lebaran, sekitar 46% masyarakat yang belum kembali ke Jabodetabek. Meski begitu, berdasarkan pantauan lalu lintas, pergerakan kendaraan diprediksi masih akan sangat padat hari ini.

Karena itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan agar tidak menambah kemacetan.

"Silahkan kembali setelah hari ini. Masyarakat bisa merayakan lebaran ketupat dulu besok. Sehingga ini akan memberikan relaksasi juga bagi kepadatan jalan," jelas Menhub saat meninjau Gerbang Tol Cikampek Utama, Km 70, dikutip Minggu (8/5/2022).


Berdasarkan data posko mudik, puncak arus balik terjadi pada H+4 kemarin. Kendaraan yang melakukan perjalanan dari Bakauheni ke Merak mencapai lebih dari 37 ribu unit dalam sehari. Sementara, untuk jalur tol Semarang ke Jakarta mencapai 170 ribu lebih kendaraan. Jumlah itu menjadi rekor tertinggi sepanjang pengelolaan arus mudik.

Untuk mengurai kepadatan, diterapkan rekayasa lalu lintas di jalur tol sehingga waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat. "Kalau tidak ada rekayasa, perjalanan Semarang ke Jakarta bisa 11 jam. 30 menit. Dengan adanya rekayasa menjadi 6 jam 30 menit," ujarnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat! Besok Arus Balik Arah Jakarta Diberlakukan One Way


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading