Macron Telponan 2 Jam Sama Putin, Ngomongin Apa?

News - Intan Rakhmayanti Dewi, CNBC Indonesia
04 May 2022 14:30
French President Emmanuel Macron attends a meeting with Russian President Vladimir Putin in Moscow, Russia February 7, 2022. Sputnik/Kremlin via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Prancis Emmanuel Macron melakukan panggilan telepon dengan Presiden Rusia Vladimir Putin yang berlangsung lebih dari dua jam.

Macron memperingatkan Putin tentang konsekuensi perang di Ukraina dan menyerukan mengakhiri agresi yang menghancurkan, demikian menurut sebuah pernyataan dari Istana Elysée, dikutip dari CNN Internasional, Rabu (4/5/2022).

Macron juga menyatakan keprihatinannya yang mendalam tentang Mariupol dan situasi di wilayah Donbas. Dia juga meminta Rusia untuk mengizinkan evakuasi lebih lanjut dari pabrik Azovstal.


Menurut Kremlin, Putin memberi tahu Macron tentang kemajuan operasi khusus untuk melindungi Donbas dan evakuasi warga sipil yang dipegang oleh kaum nasionalis dari pabrik Azovstal di Mariupol. Mereka menggunakan beberapa istilah untuk membenarkan aksi serangannya ke Ukraina.

Putin menggarisbawahi bahwa meskipun adanya ketidaksiapan dari otoritas Kyiv, Moskow masih terbuka untuk dialog.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky telah berulang kali mengatakan dia ingin berbicara dengan Putin secara langsung.

Menurut pernyataan Kremlin, Macron mengangkat masalah memastikan keamanan pangan global. Putin sebagai tanggapan mengatakan bahwa situasinya diperumit oleh sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Sowan' Putin di Moskow, Macron Mau Cegah World War III


(vap/vap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading