Internasional

Pemimpin Tertinggi Taliban Muncul Jelang Lebaran, Ada Apa?

News - Lucky Leonard Leatemia, CNBC Indonesia
02 May 2022 06:24
Taliban forces ride in a car during a Taliban military parade in Kabul, Afghanistan November 14, 2021. REUTERS/Ali Khara NO RESALES. NO ARCHIVES

Jakarta, CNBC Indonesia - Idulfitri di Afghanistan ditandai oleh kemunculan pemimpin tertingginya, Haibatullah Akhunzada yang tampil untuk kedua kalinya sejak mengambil alih Taliban pada 2016.

Dalam pidatonya kepada ribuan jemaah di Masjid Eidgah di Kota Kandahar, akhir pekan lalu, dia menyatakan bahwa Taliban telah mencapai kebebasan dan keamanan sejak merebut kekuasaan tahun lalu.

"Selamat atas kemenangan, kebebasan, dan kesuksesan. Selamat atas keamanan ini dan untuk sistem Islam," katanya, mengutip Al Jazeera, Senin (2/5/2022).


Akhunzada pun menyampaikan pidato singkatnya dari salah satu barisan depan jemaah di Kandahar tanpa menoleh ke arah kerumunan. Pejabat Taliban tidak mengizinkan wartawan untuk mendekatinya dan terdapat dua helikopter melayang di atas masjid untuk acara yang berlangsung selama 2 jam itu.

Adapun, kemunculannya itu juga terjadi sehari setelah ledakan kuat melanda sebuah masjid di Kabul dan menewaskan lebih dari 50 jemaah setelah salat Jumat. Perlu diketahui, kasus pengeboman di seluruh Afghanistan memang telah menurun sejak Kabul jatuh ke tangan Taliban Agustus lalu. Namun, serangan melonjak selama 2 minggu terakhir Ramadan.

Puluhan warga sipil tewas dalam serangan kelompok tertentu, yang beberapa di antaranya diklaim oleh Islamic State (IS). Serangan-serangan tersebut menargetkan anggota komunitas Muslim Syiah dan Sufi.

"Situasi rakyat kami sangat menyedihkan, terutama setelah apa yang terjadi di masjid-masjid," kata warga Kabul, Ahmad Shah Hashemi. "Banyak orang tua dan muda menjadi martir. Orang-orang Afghanistan tidak memiliki apa-apa selain kesedihan."


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Perempuan Afghanistan Diizinkan Kuliah, Tapi Ada Syaratnya...


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading