Internasional

Dunia Pulih, Negara Ini Malah Dihantui Gelombang ke-5 Covid

News - Lucky Leonard Leatemia, CNBC Indonesia
29 April 2022 20:40
Gambar Konten, Omicron

Jakarta, CNBC Indonesia - Pada saat sebagian negara di dunia mulai melonggarkan pembatasan akibat pandemi Covid-19, Afrika Selatan justru tengah bersiap menghadapi gelombang kelima.

Melansir Reuters, Jumat (29/4/2022), pejabat dan ilmuwan negara tersebut mengatakan gelombang kelima pandemi itu diprediksi datang lebih awal dari perkiraan sebelumnya setelah terjadi peningkatan infeksi yang berkelanjutan selama 14 hari terakhir. Kasus baru itu tampaknya didorong oleh subvarian BA.4 dan BA.5 Omicron.


Adapun, negara yang mencatat kasus virus corona dan kematian terbanyak di benua Afrika itu baru keluar dari gelombang keempat sekitar Januari. Afrika Selatan pun sebelumnya memproyeksikan gelombang kelima bisa dimulai pada Mei atau Juni, awal musim dingin di belahan bumi Selatan.

Menteri Kesehatan Joe Phaahla mengatakan meskipun tingkat rawat inap meningkat, sejauh ini tidak ada lonjakan pasien ke unit perawatan intensif. Dia mengatakan pada tahap ini, otoritas kesehatan belum disiagakan terhadap ancaman varian baru.

Sementara itu, spesialis penyakit menular Richard Lessells mengatakan berkurangnya kekebalan dari gelombang sebelumnya dapat berkontribusi pada lonjakan kasus baru yang lebih awal dari perkiraan.

Menurutnya, naiknya kasus yang diakibatkan subvarian BA.4 dan BA.5 Omicron menunjukkan bahwa subvarian tersebut jauh lebih 'unggul' dibandingkan dengan subvarian BA.2.

Namun, sejauh ini tidak ada tanda bahwa BA.4 dan BA.5 menimbulkan gejala yang jauh lebih parah.

Perlu diketahui, Afrika Selatan telah melaporkan lebih dari 3,7 juta kasus Covid-19 dan lebih dari 100.000 kematian selama pandemi. Pada hari Kamis, kantor WHO Afrika menandai peningkatan infeksi Afrika Selatan sebagai pendorong utama peningkatan kasus COvid-19 di benua Afrika.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ternyata, Ini Pemicu Lonjakan Kasus Covid di RI


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading