Langka! Kim Jong Un Kirim Pujian ke Presiden Korsel, Ada Apa?

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
23 April 2022 16:45
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un memeriksa Distrik Perumahan Terasering Tepi Sungai Pothong dalam foto tak bertanggal yang dirilis pada Minggu (3/4/2022) dirilis oleh Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) Korea Utara. (via REUTERS/KCNA)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyampaikan terima kasih kepada Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in. Pujian kepada Presiden Korea Selatan tersebut disampaikan lewat surat, tiga minggu sebelum Moon mundur dari jabatannya.

"Kim Jong Un menghargai rasa sakit dan upaya yang diambil oleh Moon Jae-in untuk tujuan besar bangsa sampai hari-hari terakhir masa jabatannya," ujar laporan kantor berita negara Korea Utara KCNA.

Moon mengirim surat pada Rabu (20/4/2022) dan berjanji untuk mencoba meletakkan dasar demi menyatukan Korsel dan Korut berdasarkan deklarasi bersama yang dicapai pada pertemuan puncak pada tahun 2018.


Surat-menyurat antar pimpinan Korea Utara dan Presiden Korea Selatan memang dilatarbelakangi pertemuan puncak AS-Korea Utara yang gagal pada 2019. Keadaan bertambah buruk pada April 2022, saat Korea Utara meluncurkan rudal balistik antar benua.

Moon mengatakan era konfrontasi harus diatasi dengan dialog, dan keterlibatan antar-Korea sekarang menjadi tugas pemerintahan berikutnya, kata juru bicaranya dalam sebuah pengarahan. Moon juga menyatakan harapan untuk dimulainya kembali pembicaraan denuklirisasi AS-Korea Utara dengan cepat.

Sementara itu, Kim mengatakan dalam jawabannya pada hari Kamis bahwa pertemuan puncak bersejarah mereka memberi rakyat harapan untuk masa depan, dan keduanya sepakat bahwa hubungan akan berkembang jika kedua belah pihak melakukan upaya tanpa lelah.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Aneh tapi Nyata, Kim Jong Un Puji Presiden Korsel, Ada Apa?


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading