Harta 50 Orang Terkaya di Korea Menguap, Kok Bisa?

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
21 April 2022 19:14
Dok LG Group

Jakarta, CNBC Indonesia - Total kekayaan 50 taipan Korea Selatan yang masuk daftar orang terkaya versi Majalah Forbes turun 17% pada tahun 2022 menjadi US$ 130 miliar atau setara dengan Rp 1.865 triliun (kurs Rp 14.350/US$). Sebelumnya pada tahun 2021 lalu, kekayaan gabungan tersebut mencapai US$ 156 miliar (Rp 2.238 triliun).

Selain total kekayaan yang turun, tahun ini, untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir, tidak ada satu pun orang terkaya di Korsel yang hartanya menyentuh dua digit (US$ 10 miliar).

Meskipun ekonomi Korea Selatan mampu tumbuh 4% pada tahun 2021 didorong oleh ekspor, pasar sahamnya menjadi yang terburuk kedua di Asia selama 12 bulan terakhir. Bersamaan dengan kenaikan suku bunga mulai dinaikkan dan investor yang mulai defensif, indeks acuan Kospi turun 13% sejak Forbes mengumumkan orang terkaya di Korea tahun lalu, Mei 2021.


Pendiri Kakao Kim Beom-su adalah orang terkaya nomor satu baru di Korsel dengan harta mencapai US$ 9,6 miliar. Kekayaannya turun $ 1 miliar dari tahun lalu, karena serangkaian kontroversi membebani saham raksasa perusahaan internet itu.

Jay Y. Lee dari Samsung mempertahankan posisi No. 2 dengan kekayaan US$ 9,2 miliar, angka tersebut juga turun dari US$ 12,4 miliar tahun lalu.

Di peringkat ketiga adalah pengelola private equity Michael Kim, yang mengalami kenaikan terbesar tahun ini, baik dalam persentase maupun nilai dolar. Kekayaan bersih Kim naik lebih dari dua kali lipat menjadi US$ 7,7 miliar setelah Dyal Capital Partners yang berbasis di New York mengakuisisi saham minoritas di MBK Partners miliknya dengan penilaian hampir US$ 9 miliar.

Pemimpin klasemen tahun lalu Seo Jung-jin merosot ke peringkat empat dengan harta US$ 6,9 miliar, berkurang US$ 5,6 miliar (45%) setelah saham perusahaan pembuat obat miliknya Celltrion anjlok karena pengobatan antibodi Covid-19 belum mendapatkan persetujuan peraturan AS.

Melengkapi lima besar adalah Kwon Hyuk-bin dari pengembang video game Smilegate, yang hartanya juga turun menjadi US$ 6,85 miliar dari $9,5 miliar pada tahun 2021.

Pendiri Coupang, Bom Kim, yang merupakan aktor utama tahun lalu setelah perusahaannya menyelesaikan IPO raksasa di Wall Street pada Maret 2021, mengalami penurunan kekayaan bersih paling besar secara persentase. Kinerja saham Coupang yang buruk akibat kerugian yang menggunung membuat kekayaannya terpangkas setengahnya menjadi $ 3,2 miliar. Mantan mahasiswa dropout dari Harvard Business School ini menempati urutan ke-14, turun tujuh peringkat dari tahun lalu.

Tiga dari tujuh wajah baru 50 orang terkaya di Korsel merupakan pendiri perusahaan rintisan. Kim Hyoung-nyon yang mengoperasikan platform pertukaran kripto terbesar di Korea, Upbit, bertengger di peringkat 22 dengan kekayaan US$ 1,95 miliar. Pendatang baru lainnya termasuk Yoo Jung-hyun (US$ 3 miliar) yang mewarisi harta mendiang suaminya dari kepemilikan di perusahaan game Naxon.

Satu-satunua taipan Korsel yang tahun ini kembali masuk ke daftar ini adalah kakak beradik Cho Hyun-sang (US$ 1,01 miliar) dan Cho Hyunjoon (US$ 980 juta) dari Hyosung Group. Saham anak perusahaannya Hyosung Advanced Materials, yang membuat serat karbon untuk digunakan dalam kendaraan berbahan bakar hidrogen, melonjak karena optimisme investor terhadap mobil bebas emisi.

Di antara sembilan taipan yang terdepak tahun ini, salah satunya dari klan LG Koo Bon-joon, yang menyumbangkan sebagian saham LG-nya ke tiga yayasan amal dan memberikan sebagian sahamnya di LX Holdings kepada anak-anaknya.

Tahun ini, jumlah harta minimum yang diperlukan untuk masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Korea Selatan adalah US$ 950 juta, naik sedikit dari tahun 2021 di angka US$ 940 juta.

Berikut daftar Lengkap 10 Orang Terkaya di Korea Selatan versi Majalah Forbes:

  1. Kim Beom-su US$ 9,6 miliar
  2. Jay Y. Lee US$ 9,2 miliar
  3. Michael Kim US$ 7,7 miliar
  4. Seo Jung-jin US$ 6,9 miliar
  5. Kwon Hyuk-bin US$ 6,85 miliar
  6. Hong Ra-hee US$ 6,4 miliar
  7. Chung Mong-Koo US$ 4,4 miliar
  8. Lee Boo-jin US$ 3,9 miliar
  9. Song Chi-hyung US$ 37 miliar
  10. Cho Jung-ho US$ 3,5 miliar

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Usianya Dekati 100 Tahun, Ketiga Orang Ini Berharta Triliunan


(fsd)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading