Internasional

Hindari Perang Dunia 3, Jerman Minta NATO Tak Serang Rusia

News - Lucky Leonard Leatemia, CNBC Indonesia
22 April 2022 21:35
Orang-orang berbaring di tanah untuk melambangkan orang-orang yang tewas dalam perang di Ukraina selama demonstrasi menentang invasi Rusia ke Ukraina, di depan gedung Reichstag di Berlin, Jerman, Rabu, 6 April 2022. (AP/Markus Schreiber)

Jakarta, CNBC Indonesia - Jerman tampaknya enggan bersikap terlalu keras terhadap Rusia. Hal itu demi menghindari dampak negatif yang dikhawatirkan terlalu besar.

Dalam sebuah wawancara dengan Der Spiegel, Kanselir Jerman Olaf Scholz mengatakan NATO harus menghindari konfrontasi militer langsung dengan Rusia yang dapat menyebabkan perang dunia ketiga. Itu pula yang menjadi alasan jerman tidak mengirimkan senjata berat ke Ukraina.


"Tidak ada buku aturan untuk situasi ini yang menyatakan pada titik mana kami dianggap memihak dalam perang di Ukraina," kata Scholz, dikutip CNN International, Jumat (22/4/2022).

"Itulah mengapa makin penting bagi kita untuk mempertimbangkan setiap langkah dengan sangat hati-hati dan berkoordinasi erat satu sama lain. Tidak boleh ada perang nuklir," imbuhnya.

Adapun, Scholz menghadapi kritik yang meningkat dari dalam Jerman dan luar negeri atas dugaan keengganan pemerintahnya untuk mengirimkan senjata berat, seperti tank dan howitzer, ke Ukraina.

Dalam wawancara tersebut, Scholz memperingatkan dia tidak berpikir bahwa Jerman dan NATO dibenarkan untuk menjadi pihak yang bertikai di Ukraina.

Scholz juga mengatakan dia tidak percaya embargo gas Rusia akan mengakhiri perang di Ukraina.

"Saya sama sekali tidak melihat bagaimana embargo gas akan mengakhiri perang. Jika [Presiden Rusia Vladimir] Putin terbuka terhadap argumen ekonomi, dia tidak akan pernah memulai perang gila ini," katanya.

"Kedua, Anda bertindak seolah-olah ini tentang uang. Tapi, ini tentang menghindari krisis ekonomi yang dramatis dan hilangnya jutaan pekerjaan dan pabrik yang tidak akan pernah lagi membuka pintu mereka," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Catat Ya! NATO Tidak akan Mengirimkan Pasukan ke Ukraina


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading