Daftar Menteri Terkaya Jokowi, Ada yang Tembus Rp10 Triliun!

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
22 April 2022 09:25
Cover Headline Sandiaga Uno

Jakarta, CNBC Indonesia - Para pejabat satu persatu mulai memperbaharui laporan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Tak terkecuali, jajaran kabinet Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Maruf Amin, hingga Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjadi satu dari sekian pejabat yang memperbaharui hartanya.


Hal tersebut terungkap dalam dokumen kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pimpinan Tinggi Negara, seperti dikutip melalui laman kpk.go.id, Jumat (22/4/2022).

Situs LHKPN KPK sendiri memuat daftar kekayaan para pejabat negara yang diperbaharui setiap tahunnya. Ini merupakan bagian dari transparansi para pejabat negara kepada publik secara luas.

Adapun kalangan menteri Jokowi sendiri masih tercatat sebagai kalangan pengusaha dan politikus. Beberapa di antara mereka bahkan masuk golongan pengusaha kelas kakap yang kekayaannya bukan main-main.

Pada tahun 2020, berdasarkan LHKPN, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menempati urutan teratas daftar menteri terkaya di kabinet. Kemudian disusul oleh Prabowo Subianto dan Nadiem Anwar Makarim.

Dalam laporan periode 2021, posisi menteri terkaya di kabinet pun tidak berubah. Tak sedikit dari harta para menteri bahkan meloniak secara drastis, hingga menembus lebih dari Rp 10 triliun!

Bersambung ke halaman berikutnya....

Deretan Menteri Jokowi Paling Tajir
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading