Intip Kekayaan 'Duo Tajir' Menteri Jokowi, Sandiaga & Prabowo

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
01 January 2022 08:10
Perjumpaan Prabowo-Sandi di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Senin (8/3/2021).

Jakarta, CNBC Indonesia - Deretan menteri di kabinet pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin tercatat memiliki kekayaan di atas Rp 1 triliun. Setidaknya, ada lima menteri yang menduduki posisi teratas.

Hal tersebut terungkap dalam dokumen kepatuhan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Pimpinan Tinggi Negara, seperti dikutip melalui laman kpk.go.id. Salah satu menteri yang memiliki kekayaan fantastis ini adalah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparenkraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dua figur yang pernah menjadi rival Jokowi dan Maruf Amin saat Pilpres lalu.


Sandiaga Uno tercatat sebagai pembantu Jokowi yang memiliki total kekayaan paling banyak yakni Rp 3,815 triliun. Nama Sandiaga sendiri tak bisa lepas dari konglomerasi bisnis Saratoga.

Namun, berdasarkan penelusuran, total kekayaan Sandiaga Uno mengalami penurunan yang signifikkan. Berdasarkan LHPKN periode 2019, kekayaan Menparenkraf itu sempat menembus Rp 5,09 triliun,

Untuk Prabowo Subianto, kekayaannya kini mencapai Rp 2,02 triliun. Prabowo sendiri memiliki sejumlah perusahaan dan portofolio investasi hingga deretan aset properti yang tersebar di berbagai wilayah.

Selain kedua figur itu, ada juga beberapa menteri lainnya yang memiliki kekayaan fantastis. Para menteri itu seperti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan kekayaan hingga Rp 1,19 triliun. Ada juga Menteri BUMN Erick Thohir yang memiliki kekayaan Rp 2,3 triliun.

Sementara itu, ada juga beberapa menteri yang juga tajir namun belum mencapai Rp 1 triliun. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan memiliki harta kekayaan mencapai Rp 745,1 miliar dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartanto mempunyai kekayaan sebesar Rp 260,6 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Prabowo: Banyak Keturunan Arab Pemimpin Politik-Bisnis di RI


(tps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading