Siap-siap, Besok PT KAI Buka Pendaftaran Mudik Motor Gratis

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
19 April 2022 18:15
Kemacetan di pos penyekatan, Jalur Pantura Kedung Waringin, perbatasan Kabupaten Bekasi-Karawang, Senin (10/5/2021).  Dari data yang didpat dari jam 8.00 wib hingga 15.00 wib sebayak 512 kendaraan yang telah diputar balik.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Kereta Api Indonesia (Persero) (PT KAI) akan membuka pendaftaran program mudik motor gratis untuk mudik tahun 2022 ini. Rencananya pendaftaran akan dibuka besok pada Rabu, (20/4/2022).

VP Public Relations KAI (Persero) Joni Martinus, mengatakan untuk penyelenggaraan motor gratis akan dilakukan oleh anak usaha, yakni KAI Logistik. Saat ini tengah menunggu penugasan dari Kementerian Perhubungan.

"Dari hasil pembicaraan terakhir rencananya itu pendaftaran akan dibuka logistik, mungkin update lebih lanjut bisa kepada KAI Logistik," kata Joni dalam Media Briefing Angkutan Mudik 2022, Selasa (19/4/2022).


Dari program motor gratis ini nantinya pemudik yang membeli tiket kereta api bisa juga mengangkut motor secara gratis, meski dengan kuota yang terbatas.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, mengatakan Angkutan Motor Gratis sangat digemari lebaran tahun-tahun sebelumnya. karena pemudik bisa tetap naik kereta dan motor tetap diangkut. Untuk tahun ini akan kembali diadakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian dengan PT KAI.

"Untuk tahun ini karena perintahnya baru kemarin masih diformulasikan. Sebagai gambaran dari kapasitas dari 19 ribu unit motor kita angkut tahun tahun sebelumnya, mungkin tahun ini sekitar 5.000-an motor karena armada digunakan antisipasi angkutan penumpang," kata Zulfikri dalam Media Briefing, Jumat (8/4/2022).

Adapun lintas yang akan dilayani lintas yang dilayani juga akan dipotong, tidak sampai Jawa Timur.

"Untuk tahun tahun sebelumnya, yang favorit itu lintas selatan dari Jakarta - Purwokerto - Jogja - Solo, ada juga lintas selatan Cirebon - Bandung - Blitar, satu lagi lintas utara. Kemungkinan ini akan kami potong gak sampai Jatim, mungkin nanti satu saja ke sana," kata Zulfikri.

Diharapkan adanya program motor gratis ini bisa mengurangi jumlah angka pemudik yang menggunakan sepeda motor.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Mudik Gratis Mulai Minggu Depan, Jangan Kehabisan!


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading