Buat Mudik, Bawa Rp 5 Juta Cukup Nggak?

My Money - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
19 April 2022 16:30
Lokasi Top Up Emoney

Jakarta, CNBC Indonesia - Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri telah ditetapkan yaitu 29 April 2022 hingga 6 Mei 2022. Jadi total libur selama lebaran adalah sembilan hari.

Hari libur tersebut akan dimanfaatkan oleh para perantau untuk kembali ke kampung halaman alias mudik. Tentu ada kerinduan besar karena sudah dua tahun mudik dilarang untuk meredam penyebaran Covid-19.

Euforia boleh, tetapi harus menjaga kantong agar tidak kebobolan. Berikut hitung-hitungan biaya yang perlu disiapkan untuk mudik ke kampung halaman selama lebaran:


Menurut survei yang dihimpun oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, diperkirakan akan ada 85,5 juta pemudik pada lebaran tahun ini. Sedangkan moda mobilitas yang paling banyak diperkirakan menggunakan darat pribadi.

Para pemudik diperkirakan sebesar 28% akan menuju Jawa Tengah, 20% menuju Jawa Timur, dan 17% menuju Jawa Barat (non-Bodetabek).

Saat mudik, ongkos perjalanan bisa jadi salah satu biaya terbesar yang harus dikeluarkan. Bagi yang menggunakan jalan darat untuk kendaraan pribadi, terutama mobil, biaya tol bisa jadi yang paling mahal. Setelah itu baru bensin dan makan selama diperjalanan.

Berikut perkiraan biaya perjalanan yang dibutuhkan selama perjalanan mudik:

Estimasi Biaya Perjalanan MudikSumber: berbagai sumber, diolah

Tim Riset CNBC Indonesia memperkirakan perjalanan mudik dari Jakarta menuju kota-kota besar seperti Cirebon, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya. Semakin menuju timur biaya yang dikeluarkan akan makin mahal. Karena biaya tol, bensin, dan kebutuhan makan di perjalanan pun semakin meningkat.

Biaya perjalanan Jakarta-Surabaya PP dengan mobil pribadi memerlukan biaya Rp 3,8 juta. Biaya ini lebih mahal ketimbang ke Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Biaya perjalanan ke Semarang PP berkisar Rp 2,2 juta. Sementara ke Solo dan Yogyakarta perlu menyiapkan ongkos perjalanan senilai Rp 2,4 juta hingga Rp 2,5 juta.

Untuk mengurangi ongkos perjalanan, biaya makan bisa dihemat dengan membawa bekal sendiri di rumah. Baik itu makan berat, makanan ringan, maupun minuman.

Setelah sampai di kampung halaman, kegiatan utama adalah kumpul keluarga besar. Saat kumpul sajian makanan seperti opor ayam, semur daging, ketupat dan berbagai macam kue seperti nastar, putri salju akan tersaji di meja makan.

Dengan libur bersih 5 hari (dipotong perjalanan) pastinya akan jadi waktu yang pas untuk sekaligus berwisata bersama keluarga. Sekaligus masuk ke dalam ruang nostalgia.

Sehingga jika dijumlahkan, biaya yang perlu disiapkan sebesar Rp 8 juta hingga Rp 12 juta. Ini termasuk biaya perjalanan, selama di kampung halaman, dan oleh-oleh.

Jangan lupa biaya jaga-jaga sebesar 10-15% dari total biaya. Setelah berkumpul dengan keluarga dan akan kembali ke tempat perantauan, oleh-oleh tidak akan pernah ketinggalan.

Biasanya oleh-oleh ini juga akan memakan biaya banyak. Kisaran biaya untuk oleh-oleh bisa sampai Rp 1 juta hingga Rp 2 juta sekali beli.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Efek Mudik, APPI Yakin Penyaluran Kredit Bisa Tumbuh 15%


(ras/ras)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading