Fenomena Kios-Kios Kosong Mal DKI, Pedagang Curhat Colongan

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
14 April 2022 19:42
Suasana ITC Cempaka Mas, Kamis (14/4/2022). (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kondisi pusat perbelanjaan di DKI Jakarta nampak masih banyak yang sepi, salah satunya di ITC Cempaka Mas yang berada di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia, kebanyakan toko yang tutup berada di bagian dalam. Misalnya kios di lantai 1 seperti kios 644 dan 643.

"Sebenarnya ada juga toko yang tutup dari sebelum pandemi, sekitar 2019 juga banyak yang tutup. Setelah pandemi makin banyak lagi, padahal tahun 2015-2016 penuh disini," kata pemilik toko Berkah Display, Azis kepada CNBC Indonesia di tokonya, Kamis (14/4/22).


Toko Azis berada di lantai I Blok I. Ia menjual berbagai perlengkapan seperti manekin hingga gantungan baju. Sekitar tokonya sudah banyak yang tutup, kebetulan tokonya berada di bagian agak dalam, bukan bagian depan. Kondisi tersebut sulit terhindarkan karena kesulitan ekonomi dari masing-masing toko.

Suasana ITC Cempaka Mas, Kamis (14/4/2022). (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)Foto: Suasana ITC Cempaka Mas, Kamis (14/4/2022). (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)
Suasana ITC Cempaka Mas, Kamis (14/4/2022). (CNBC Indonesia/ Ferry Sandi)

"Kaya sekarang saya juga paling kecil bisa dapat Rp 100 ribu, kadang nggak ada sama sekali. Sementara sewa toko harus dibayar, kemudian bensin, kontrakan, anak juga. Jadi habis-habisan kemarin," kata Azis.

Beralih ke lantai 2 juga tidak jauh berbeda, banyak toko yang tutup. Sementara toko yang buka pun tidak banyak menerima kedatangan pembeli. Kondisi serupa juga terjadi di lantai 3.

"Biasanya sudah masuk bulan puasa gini udah mulai ramai, sekarang belum keliatan juga nihh. Harusnya mulai ramai," kata Aldi, penjual baju di lantai III kepada CNBC Indonesia, Kamis (14/4/22).


[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading