Jelang Mudik Lebaran 2022

Mendag: Harga Daging Sapi Naik, Cabai-Cabaian Turun Tajam

News - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
14 April 2022 12:46
Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi. (Tangkapan Layar via Twitter Kemendag)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi memastikan ketersediaan bahan pokok cukup jelang musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1443H/2022M. Kepastian itu disampaikan Lutfi usai rapat koordinasi lintas sektoral persiapan mudik Lebaran tahun ini di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (14/4/2022).

"Dalam rapat tadi saya sudah utarakan kepada Pak Menko (Menko PMK Muhadjir Effendy) bahwa ketersediaan bahan pokok yang dipantau Kemendag dan Badan Pangan Nasional terlihat cukup dan kuat. Untuk itu, ketersediaannya akan memengaruhi dari pada harga," ujarnya.

"Jadi kita bisa lihat bahwa tendensinya di awal Ramadan itu biasanya tinggi. Kemudian akan melambat turun dan kemudian kita akan lihat kenaikan sedikit menjelang Hari Raya Idulfitri," lanjutnya.

Menurut Lutfi, harga komoditas-komoditas ada yang mengalami kenaikan, ada pula yang mengalami penurunan.

"Jadi kalau kita lihat misalnya barang-barang seperti gula itu stabil. Harganya Rp 14.700 dibanding minggu lalu. Harga sapi naik Rp 700 kira-kira 0,53% dibandingkan minggu lalu," ujarnya.

"Tetapi barang-barang hortikultura seperti cabai merah, cabai merah kriting, cabai rawit merah, itu sudah turun lebih dari 15%. Baik itu juga dengan bawang terjadi penurunan dan dari semua itu kedelai yang naik sedikit Rp 100 dibanding pekan lalu," lanjutnya.

Lebih lanjut, Lutfi memastikan ketersediaan bahan pokok cocok. Dia pun berharap harga bisa stabil.

"Dan mudah-mudahan dengan begitu kita bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan khidmat. Dan mudah-mudahan ini tidak ada aral melintang, supaya ketersampaian dari barang-barang tersebut bisa dicapai dengan logistik yang baik," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Petani Kebanjiran Impor Saat Panen, Jokowi Telepon Mendag!


(miq/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading