Risma Blak-blakan: Ada Pensiunan BUMN Minta Bansos

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
13 April 2022 13:34
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Sosial Tri Rismaharini menghadiri rapat kerja dengan Komisi VIII DPR RI, Rabu (13/4/2022). Salah satu topik yang dipaparkan Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, berkaitan dengan bantuan sosial (bansos).

Menurut dia, banyak lapisan masyarakat yang ditemuinya sangat membutuhkan bansos. Tidak terkecuali mereka yang pernah bekerja di BUMN.

"Karena sekarang yang lansia itu, pensiunan BUMN segala macem minta bansos. Ya kalau PNS pensiunnya bisa Rp 1 juta, kami nerima Rp 500 ribu, Rp 200 ribu," ujar Risma menirukan pendapat salah seorang pensiunan BUMN.

"Saya sampaikan iya bu tapi kan dulu ibu dapatnya gajinya lebih tinggi," lanjutnya.

Oleh karena itu, Risma mendorong agar UU Lansia alias UU Nomor 13 Tahun 1998 diperbaiki. Dengan begitu, sebelum masyarakat masuk kategori lansia, dapat diintervensi.

"Yang ditangani Linjamsos (Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial) ini kalau dia lansia itu besar sekali dan itu memang nggak cukup kalau cuma ngandalkan bansos," kata Risma.

Dalam kesempatan yang sama, mantan wali kota Surabaya itu menuturkan banyak anak muda yang masuk kategori penerima bansos.

"Ada yang usianya 23 tahun, ada yang usianya di bawah 30 tahun banyak sekali 4 juta sekian ini yang nerima bansos," ujar Risma.

"Ini yang kita harapkan dia bisa keluar dengan pemberdayaan ini. Namanya pemberdayaan kelompok rentan," lanjutnya.

Menurut Risma, mereka-mereka itu masih kuat secara fisik akan tetapi menerima bansos.

"Jadi ada yang 23 tahun anaknya lima pak. Jadi ini yang kita akan keluarkan dia untuk supaya dia tidak menerima bansos," katanya.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tjahjo Kumolo vs Risma, & Heboh PNS 'Tajir' Terima Bansos


(miq/miq)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading