Syarat Haji 2022: Umur Jemaah, Hingga Vaksin yang Diakui

News - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
11 April 2022 12:00
Sejumlah jamaah calon haji dan umroh mengikuti pelatihan manasik di Al Mahmudah Manasik Haji Training Centre (AMTC) Setu, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (22/3/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Arab Saudi kembali membuka penyelenggaraan ibadah haji bagi orang di luar kerajaan. Adapun kuota yang diberikan sebanyak 1 juta untuk jemaah lokal maupun luar negeri.

Pemerintah Indonesia sendiri telah memastikan bahwa calon jemaah haji Indonesia bisa berangkat. Namun, hingga saat ini, belum ada kepastian secara resmi berapa kuota haji untuk Indonesia.


Lantas, apa saja syarat haji 2022?

Melalui akun Twitter resminya, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (11/4/2022), Kementerian Haji dan Umrah merilis sejumlah persyaratan aturan haji 1443H/2022. Berikut rinciannya:

  • Jemaah berusia di bawah 65 tahun
  • Jemaah sudah menerima vaksin utama Covid-19 yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi
  • Jemaah dari luar Arab Saudi wajib mengantongi hasil tes PCR negatif dengan sampel yang diambil dalam kurun waktu 72 jam sebelum keberangkatan.

Jemaah haji 2022 (Tangkapan Layar via Twitter @MoHU_En)Foto: Jemaah haji 2022 (Tangkapan Layar via Twitter @MoHU_En)
Jemaah haji 2022 (Tangkapan Layar via Twitter @MoHU_En)

Adapun dalam pernyatannya, Kementerian Haji dan Umrah menyebut bahwa sertifikat vaksin jemaah harus memuat data pribadi, nama vaksin, tanggal, dan nomor batch.

Bagi jemaah yang tidak memiliki kartu identitas nasional atau identitas penduduk karisidenan Arab Saudi dapat mendaftarkan vaksinasi secara elektronik.

Arab Saudi sendiri telah menetapkan sejumlah vaksin Covid-19 yang diakui sebagai syarat haji. Mulai dari Pfizer-BioNTech, Moderna, Oxford-AstraZeneca, Janssen, Sinopharm, Sinovac, Covaxin, Estetika (Sputnik V), Kofovax.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Saudi Buka Kuota, Begini Jurus Menag Demi Calon Haji RI


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading