Internasional

Terungkap, Ini 2 Negara NATO yang Tolak Ukraina Bergabung

News - sef, CNBC Indonesia
11 April 2022 07:30
Bendera NATO (REUTERS/File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Teka-teki mengapa Ukraina tak kunjung masuk NATO akhirnya terungkap. Ini setidaknya dikatakan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

Ia mengatakan ada dua negara yang menolak Ukraina yakni Jerman dan Prancis. Keduanya tak mengizinkan negeri itu bergabung sejak 2008.


"Jika kami adalah anggota NATO, perang ini tidak akan terjadi," kata Kuleba dalam wawancara dengan NBC, Minggu (10/4/2022) malam waktu Amerika Serikat (AS).

"Kesalahan strategis yang dibuat pada tahun 2008 oleh Jerman dan Prancis yang menolak upaya AS dan sekutu lainnya untuk membawa Ukraina masuk, adalah sesuatu yang kami bayar ... Bukan Jerman atau Prancis yang membayar biaya untuk kesalahan ini, ini Ukraina," tambahnya.

Setelah Uni Soviet runtuh, NATO memang makin memperluas pengaruh di Eropa Timur. Sejumlah negara berhasil masuk di antaranya Lithuania, Latvia, dan Esthonia, Polandia, hingga Rumania.

Di 2008 memang santer terdengar Ukraina akan direkrut NATO. Namun sejumlah suara menilai itu terlalu jauh. Keinginan masuk NATO kembali disuarakan Ukraina di 2014. Ini akibat dicaploknya wilayah Krimea oleh Rusia.

Menjadi anggota NATO akan secara signifikan meningkatkan dukungan militer Ukraina dari pihak luar. Bergabung dengan NATO berarti Ukraina memiliki jaminan militer dari banyak negara terutama AS.

Sementara itu serangan Rusia ke Ukraina masih terus terjadi. Dalam pernyataan terbarunya, Rusia mengumumkan serangan baru ke tiga wilayah yakni Dnipropetrovsk, Mykolaiv and Kharkiv.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ngeri! Ini Update Terbaru AS Soal Ketegangan Ukraina


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading