Internasional

Tetangganya Selangkah Lagi Ikut NATO, Ini Reaksi Rusia

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
08 April 2022 19:35
FILE - In this March 28, 2014 file photo, a Russian national flag flies on a hilltop near the city of Bakhchysarai, Crimea. The Group of Seven major industrialized countries on Thursday March 18, 2021, issued a strong condemnation of what it called Russia's ongoing “occupation” of the Crimean Peninsula, seven years after Moscow annexed it from Ukraine. (AP Photo/Pavel Golovkin, File)

Jakarta, CNBC Indonesia - Rusia buka suara perihal rencana Finlandia dan Swedia untuk segera bergabung dengan NATO. Moskow mengatakan pihaknya akan melakukan tindakan penyeimbangan bila hal ini terjadi.

Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan bergabungnya tetangga Rusia pada pakta pertahanan yang notabenenya merupakan rivalnya itu bukanlah merupakan ancaman besar. Pihaknya mengaku akan mempersiapkan diri bila hal itu terjadi.

"Jika kedua negara bergabung, kita harus membuat sayap barat kita lebih canggih dalam hal memastikan keamanan kita," kata Peskov kepada Sky News Inggris, dikutip Jumat (8/4/2022).


Finlandia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan Rusia. Negeri Suomi itu berbagi perbatasan langsung sepanjang 1.300 km dengan Moskow.

Sebelumnya, sinyal akan bergabungnya Finlandia dengan NATO telah diungkapkan oleh presiden negara itu, Sauli Niinisto. Niinisto mengatakan niatan untuk bergabung ini dimotori oleh warga negara itu.

"Sudah jelas bahwa mayoritas penduduk mendukung negara itu bergabung dengan aliansi pertahanan," kata Niinisto.

Tak hanya Finlandia, negeri Nordic lainnya, Swedia juga diwacanakan ingin masuk dalam pakta pertahanan pimpinan Amerika Serikat (AS) itu. Meski begitu, belum ada pernyataan lebih jauh yang dikeluarkan Stockholm terkait hal ini.

Sementara itu, di sisi lain, Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg menyambut baik wacana bergabungnya dua negara ini. Jens mengatakan bergabungnya dua negara itu merupakan bukti adanya kekhawatiran dari tetangga Rusia pasca serangan Moskow ke Ukraina.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Negara Ini Nekat Gabung NATO, Rusia: Ada Konsekuensinya


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading