Internasional

Ini Gejala Varian Omicron XE Bagi yang Sudah Divaksin Lengkap

News - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
08 April 2022 07:50
Pandemi Covid-19 di China. (AP/Lee Jin-man)

Jakarta, CNBC Indonesia - Varian baru virus Covid-19 kembali ditemukan. Varian tersebut diberi nama XE, yang merupakan mutasi dari BA.1 (omicron asli) dengan BA.2 (omicron siluman).

Varian ini disebut-sebut sebagai "cicit Omicron". Ia diyakini sangat menular sehingga membuat keampuhan vaksin corona kembali dipertanyakan.


Hal itu setidaknya dinyatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Lembaga PBB tersebut menyebut XE 10 kali lebih menular dari Omicron, dengan tingkat penularan tertinggi diantara seluruh strain sebelumnya.

Varian XE sendiri telah ditemukan di Inggris sejak awal tahun. Tercatat lebih dari 600 kasus ditemukan karena infeksi ini.

Lalu seperti apa gejalanya bagi yang sudah divaksin?

Mengutip Mint, gejala dan tingkat keparahan virus Covid-19 tergantung dari orang ke orang, merujuk status vaksinasidan kekebalan yang diperoleh dari infeksi sebelumnya. Gejalanya bisa ringan untuk beberapa orang namun bisa parah untuk orang lain.

Mengenai gejalanya, memang belum dipaparkan secara signifikan. Tetapi, mengutip The Independent, seorang dokter penyakit dalam di Johns Hopkins Bayview Medical Center di Baltimore, Erica Johnson mengatakan gejala varian baru itu mirip dengan Omicron asli.

Adapun gejala utama BA.1 dan BA.2 ringan adalah batuk, demam, kelelahan, dan kemungkinan hilangnya rasa atau penciuman. Sejumlah pasien juga mencatat pilek, masalah pencernaan, sakit kepala dan ruam kulit.

Dalam analisa ZOE Covid-19 Study, gejala varian XE hampir mirip dengan yang dilihat pada pasien BA.2. Yakni:

1.Sakit kepala
2.Sakit tenggorokan
3.Nyeri otot
4.Demam
5.Diare
6.Mual
7.Muntah
8.Sakit perut


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Awas! Muncul Varian Baru Covid Omicron Lagi, Namanya "XE"


(tfa/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading