IIMS 2022

Mobil Listrik Buatan Bekasi Sudah Bisa Dipesan, Ini Harganya

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
07 April 2022 13:50
Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Produksi Indonesia yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).

Jakarta, CNBC Indonesia - Hyundai Ioniq 5 sudah resmi dipasarkan untuk konsumen Indonesia dan sudah bisa dipesan. Namun, kisi-kisi kisaran harganya sudah bocor.

Diberitakan sebelumnya, Hyundai Ioniq 5 posisinya berada di atas Kona EV dan Ioniq. Otomatis harga mobil ini berada di atas kedua model tersebut.

"Ini adalah kelas untuk crossover jadi di atas dari EV sebelumnya. Kapasitas kilometernya juga lebih jauh dari yang sebelumnya. Jadi kalau yang sebelumnya kan 300 kilometer, sekarang ini kita around di 480 kilometer," kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur saat ditemui di IIMS 2022, JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat beberapa waktu yang lalu.


"Masalah harga akan diinformasikan lebih lanjut," katanya.

Dari laman Hyundai, Ioniq Electric saat ini dijual dalam dua opsi, yakni Prime Rp 682 juta, dan Signature Rp 723 juta. Sedangkan Kona EV Signature dibanderol Rp 742 juta.

Salah seorang tenaga penjual Hyundai membenarkan, Ioniq 5 harganya juga akan lebih tinggi dari kedua model EV lain yang sudah dipasarkan. Hyundai sudah memasarkan IONIQ Electric dan KONA Electric di Indonesia.

"Untuk harga resminya memang belum diumumkan. Tapi estimasi harganya di antara Rp 800 - 850 juta," ungkapnya dikutip dari detikcom, Senin (5/4/2022).

Ioniq 5 merupakan proyek jangka panjang Hyundai pada pasar mobil listrik. Mobil tersebut bakal mulai diproduksi sejak Maret 2022 ini. Lee yakin mobil listrik ini bakal mendapat sambutan positif karena memiliki beberapa keunggulan, seperti interior lengkap hingga space dalam ruangan yang luas. Namun mengenai harga terbilang cukup tinggi.

"Karena itu kami memutuskan harga sulit karena kira-kira 35% dari mobil listrik harga baterai tapi harga nikel naik, baterai tidak cenderung turun, jadi sebenarnya sedikit sulit menentukan harga, tapi kira-kira dari Rp700 juta sampai Rp800 juta," jelas kata COO Hyundai Motor Asia Pasific, Lee Kang Hyun kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Konsumen yang tertarik membeli Ioniq 5 cukup menyiapkan uang booking sebesar Rp 10 juta. Ada empat trim yang ditawarkan, yakni Prime : Standard Range dan Long Range, Signature: Standard Range dan Long Range.

Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Produksi Indonesia yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat.  (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).Foto: Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).
Mobil Listrik Hyundai IONIQ 5 Produksi Indonesia yang di pamerkan dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 di JIExpo-Kemayoran, Kamis (31/3/2022). IONIQ 5 merupakan mobil listrik yang diproduksi di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. (CNBC Indonesia/ Tri Susilo).

Baca selengkapnya di sini

Mobil Listrik Buatan Bekasi

Pabrik Hyundai di Indonesia berada di Kota Deltamas, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Pabrik yang digunakan untuk memproduksi mobil listrik ini berdiri di atas tanah seluas 77,6 hektare.

IONIQ 5 menandai sejarah mobil listrik murni (Battery Electric Vehicle/BEV) yang diproduksi secara massal di Indonesia, tepatnya di pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. IONIQ 5 menawarkan desain futuristik dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP), platform khusus dirancang Hyundai Motor Group untuk model kendaraan BEV.

EV ini membutuhkan 46 menit (tipe Prime Standard dan Signature Standard) atau 57 menit (tipe Prime Long range dan Signature Long Range), untuk pengisian daya hingga 80% di fasilitas fast-charging atau DC Charger kapasitas daya 50kW.

Dalam jangka panjang, Hyundai berencana menghadirkan fasilitas super fast-charging kapasitas daya 350 kW di Indonesia yang memungkinkan semua tipe IONIQ 5 dapat melakukan pengisian daya hingga 80% hanya dalam kurun waktu 18 menit.

IONIQ 5 tipe Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 KM bila baterai mobil sedang terisi penuh. Tidak hanya sampai di situ, IONIQ 5 tipe Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, di mana tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 km dan tipe Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 km.

"Kami merasa sangat senang karena hari ini Hyundai kembali menghadirkan kebanggaan baru sebagai bagian dari transformasi industri otomotif Indonesia. Melalui IONIQ 5, Hyundai membuktikan komitmennya untuk membangun mobilitas masa depan, sehingga Indonesia bisa menjadi salah satu pemain penting di dunia," kata Sung Jong Ha, President Director of PT Hyundai Motors Kamis (31/3/22).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Dubes RI Kunker ke Pabrik Hyundai, Bahas Mobil Listrik?


(hoi/hoi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading