Wiih! Pertamina Targetkan Produksi Migas 2022 Melesat 16%

News - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
06 April 2022 17:25
Blok Rokan. (Doc SKK Migas)

Jakarta, CNBC Indonesia - Subholding Upstream Pertamina menargetkan produksi minyak dan gas bumi (migas) di tahun ini dapat mencapai 1,047 juta barel setara minyak (Barrel Oil Equivalent Per Day/BOEPD). Adapun, target tersebut mengalami kenaikan sebesar 16% dari realisasi 2021 yang mencapai 897 ribu BOEPD.

Chief Executive Officer PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Budiman Parhusip mengatakan peningkatan produksi pada tahun ini ditopang dari rencana kerja yang jauh lebih banyak. Terutama jika dibandingkan rencana kerja perusahaan di tahun lalu.

"Program-program yang cukup masif ini sejalan dengan kenaikan harga minyak sehingga kita bisa memastikan kenaikan," kata dia dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (6/4/2022).


Pada tahun lalu perusahaan telah merealisasikan pengeboran sumur pengembangan sebanyak 350 sumur. Kemudian, pengeboran 9 sumur eksplorasi, work over 472, dan well service 16.490. Sementara pada tahun ini perusahaan bakal menggenjot pengeboran sumur pengembangan sebanyak 813 sumur, kemudian 29 sumur eksplorasi, work over 587, well service 26.247.

Adapun, hingga Februari realisasi produksi minyak Pertamina telah mencapai 524 ribu barel per hari (BPH). Sementara untuk gas mencapai 2.634 juta kaki kubik per hari (MMSCFD).

Menurut Budiman beberapa upaya optimasi untuk mengejar target produksi pada 2022 ini diantaranya yakni reaktivasi sumur-sumur produksi, serta onstreamnya beberapa proyek hulu yang dapat menambah produksi. Misalnya seperti Onstreamnya proyek Jambaran Tiung Biru, OPLL PHSS, Handil & Emain Waterflood.

"Kami juga melakukan reaktivasi sumur-sumur yang di suspend karena di tahun sebelumnya tidak komersial, tidak ekonomis tetapi dengan harga minyak sekarang sumur-sumur tersebut bisa kita buka kembali," ujarnya.

Untuk diketahui, Pertamina menyiapkan dana segar sebesar US$ 3,5 miliar atau sekitar Rp 50,29 triliun untuk pengembangan di sektor hulu tahun ini. Dana tersebut diperuntukkan untuk kegiatan pengeboran eksplorasi hingga pengerjaan beberapa proyek lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Genjot Produksi, Pertamina Tambah Bagi Hasil Migas Rokan?


(pgr/pgr)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading