Ini yang Bakal Dapat Bantuan Subsidi Upah Rp 1 Juta Jokowi

News - Redaksi, CNBC Indonesia
05 April 2022 16:05
Infografis: Tak Punya Rekening BRI Cs, Begini Cara Dapatkan BSU Rp 1 Juta

Jakarta, CNBC Indonesia - Usai memberikan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng, Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah mempersiapkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk pekerja yang bergaji di bawah Rp 3,5 juta. Nilainya adalah sebesar Rp 1 juta.

"Ada program baru yang diarahkan bapak Presiden yaitu bantuan subsidi upah untuk gaji di bawah Rp 3,5 juta besarnya 1 juta per penerima," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan pers setelah sidkab paripurna, Selasa (5/4/2022)


Target penerimanya adalah 8,8 juta pekerja. Sehingga diperkirakan akan menhabiskan dana sebanyak Rp 8,8 triliun.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso tengah dalam proses pematangan kebijakan. Namun ditargetkan akan terealisasi sebelum hari raya Idul Fitri.

"Iya (akan disalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri 2022). Akan secepatnya disalurkan," jelasnya kepada CNBC Indonesia.

Pada tahun lalu, kebijakan ini sudah ada dengan besaran Rp 500 ribu per bulan selama dua bulan. Sehingga tenaga kerja akan menerima dana sebesar Rp 1 juta sekaligus.

Penyaluran dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Bila sudah terdaftar sebagai penerima BSU, maka dana akan langsung ditransfer oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta Bakal Dapat BLT, Cair Kapan?


(mij/mij)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading