Internasional

Awas PD 3! Tetangga Ukraina Ini Siap Tampung Nuklir AS

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
05 April 2022 14:30
Pasukan lintas udara AS di Polandia mendirikan kamp di dekat perbatasan Ukraina. (REUTERS/Bryan Woolston)

Jakarta, CNBC Indonesia - Polandia menyatakan siap untuk menampung senjata nuklir milik Amerika Serikat (AS). Hal ini disampaikan negara itu saat tetangganya, Ukraina, sedang berjuang melawan serangan Rusia yang merupakan rival dari Washington.

Dalam suatu pernyataan, Wakil Perdana Menteri (PM) Polandia Jaroslaw Kaczynski menegaskan negaranya siap dengan senjata nuklir AS untuk alasan keamanan dan pertahanan. Ia juga meminta agar Negeri Paman Sam menambah pasukannya di wilayahnya.


"Jika Amerika meminta kami untuk menyimpan senjata nuklir Amerika di Polandia, kami akan terbuka untuk itu," kata Kaczynski kepada surat kabar Jerman Welt Am Sonntag dikutip Selasa, (5/4/2022).

"Mari kita hadapi itu, tenaga nuklir AS adalah yang terkuat dan dapat menghentikan Rusia dari menyerang negara-negara NATO serta memberi kami keamanan terbesar."

Kaczynski juga meminta campur tangan NATO yang lebih luas di Ukraina. Polandia, yang juga anggota NATO, menginginkan agar pakta pertahanan pimpinan AS itu mau menerjunkan misi penjaga perdamaian dan memberikan senjata seperti yang diminta Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

Sementara itu, Polandia sendiri sangat aktif dalam memberikan dukungan terhadap Ukraina. Warsawa bahkan mendukung proposal Kyiv untuk bergabung dalam Uni Eropa. Selain itu, Polandia juga mengecam setiap negara Eropa seperti Jerman yang tidak berani menerapkan sanksi yang lebih ketat kepada Rusia.

Menurut Center for Arms Control and Non-Proliferation, AS dan sekutunya tidak mengungkapkan jumlah cadangan nuklir mereka yang berada di sekitar wilayah daratan Eropa.

Namun, diperkirakan ada 100 senjata nuklir milik AS yang disimpan di lima negara anggota NATO di enam pangkalan, yakni Kleine Brogel di Belgia, Pangkalan Udara B├╝chel di Jerman, Pangkalan Udara Aviano dan Ghedi di Italia, Pangkalan Udara Volkel di Belanda, dan Incirlik di Turki.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Putin akan Pakai Senjata Kimia Pemusnah Massal di Ukraina?


(luc/luc)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading