Tak Cuma BLT Migor, Nih Daftar Bansos Jokowi Cair di 2022!

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
05 April 2022 11:05
Infografis/Jangan khawatir, Ini Deretan bansos yang tetap cair di 2022/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan tetap memberikan bantuan kepada masyarakat miskin di tahun ini. Salah satunya melalui pemberian bantuan sosial (bansos).

Apalagi, tahun ini Indonesia masih dihadapkan dengan Covid-19 meski sudah lebih baik dibandingkan sebelumnya. Namun, masyarakat masih perlu dibantu dalam masa pemulihan ini.

Bansos yang diberikan oleh pemerintah ada yang melanjutkan kebijakan tahun lalu yang dialokasikan dananya dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Tapi ada juga bansos baru yang diberikan karena kondisi terbaru seperti BLT minyak goreng.

Untuk BLT minyak goreng diberikan Jokowi kepada 20,5 juta keluarga miskin yang terdaftar dalam program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta pedagang kaki lima (PKL).

BLT ini akan disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) lewat PT Pos dan penyaluran ke PKL makanan, PKL, dan warung-warung akan disalurkan oleh TNI, Polri. Anggaran yang disiapkan pemerintah untuk BLT ini sebesar Rp 6,9 triliun.

BLT minyak goreng rencananya akan dicairkan bulan ini sebesar Rp 300 ribu untuk subsidi April, Mei dan Juni. Dimana masing-masing subsidi diberikan Rp 100 ribu per bulan namun diberikan sekaligus.

Kemudian, bansos yang bakal dicairkan dan saat ini masih dalam pembahasan adalah lanjutan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada para pekerja. Program ini masih belum diumumkan namun sudah dalam pembahasan pemerintah.

Selain kedua bansos tersebut, adapun daftar bansos yang sudah pasti cair di tahun ini adalah:

1. PKH untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM)
2. Kartu sembako untuk 18,8 juta KPM
3. Kartu prakerja untuk sekitar 2,9 juta peserta
4. Dukungan program jaminan kehilangan pekerjaan
5. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa
6. BT-PKLW
7. Bantuan untuk penduduk miskin ekstrim



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Bagi-bagi Bansos Rp 154 T di 2022, Ini Daftarnya!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading