Ada Kabar Baik! Upaya Evakuasi Mariupol Berlanjut

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
02 April 2022 20:30
Nih Bukti Invasi Rusia, Mariupol Sudah Kosong

Jakarta, CNBC Indonesia - Ukraina tengah menanti kabar baik selama akhir pekan ini di tengah upaya evakuasi masyarakat sipil dari kota Mariupol. Kota ini menjadi salah satu yang digempur oleh pasukan militer Rusia. Akibatnya banyak masyarakat yang terkepung dalam situasi sulit.

"Delegasi kami telah mencapai kesepakatan di Istanbul (selama pembicaraan damai Ukraina-Rusia) untuk menyediakan evakuasi," kata penasihat Presiden Ukraina, Oleksiy Arestovych kepada televisi Ukraina pada hari ini, Sabtu (2/4/22).

Sebelumnya pada kemarin, Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengirim tim untuk memimpin konvoi sekitar 54 bus Ukraina dan kendaraan pribadi lainnya ke luar kota. Namun di tengah jalan mereka berbalik karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Mereka dijadwalkan untuk mencoba lagi pada hari Sabtu.


"Saya pikir hari ini atau mungkin besok kita akan mendengar kabar baik tentang evakuasi penduduk Mariupol," sebut Arestovych seperti dilansir Reuters, Sabtu (2/4/2022).

Dikepung sejak hari-hari awal invasi Rusia selama lima minggu, Mariupol telah menjadi target utama Moskow di wilayah tenggara Donbas. Puluhan ribu orang terjebak di kota dengan sedikit akses ke makanan dan air.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ini Skenario Perang Rusia - Ukraina, Berujung Damai?


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading