Diteriaki Kades Gajian Telat Sampai 3 Bulan, Apa Kata Jokowi?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
29 March 2022 14:58
Presiden Joko Widodo (Jokowi( Saat Memberikan Sambutan Pada Acara Pembukaan Silaturahmi Nasional APDESI Tahun 2022, Jakarta, 29 Maret 2022. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara setelah 'diprotes' jajaran kepala desa terkait penyaluran gaji yang terlambat hingga bulan lamanya.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam pembukaan silaturahmi Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Jokowi langsung menginstruksikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyelesaikan hal itu.


"Pak Mendagri, ini masih satu yang belum dijawab. Setiap bulan sudah," kata Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan para kepala desa di Istora Senayan, kompleks GBK, Selasa (29/3/2022).

"Saya terus terang enggak tau, masa gaji diberikan tiga bulan sekali. Saya enggak ngerti. Nggih, sudah. Akan segera kita ubah, dan kita usahakan setiap bulan," tegas Jokowi

Sebelumnya, Ketua DPP Apdesi Surta Wijaya sempat menyampaikan aspirasinya kepada Jokowi terkait kepentingan jajaran perangkat desa di seluruh Indonesia.

Salah satu yang dikeluhkan Apdesi, adalah terkait dengan keterlambatan gaji yang diterima para kepala desa. Surta mengatakan, para kepala desa kerap tidak menerima gaji hingga tiga bulan.

"Gaji kita harapannya sebulan dikeluarkan, honor pegawai dikeluarkan, kita tiga bulan belum ke luar," kata Surta di depan Jokowi.

"Masa sih orang meninggal, gajian harus nunggu tiga bulan. Masa orang lahiran harus nunggu gajian datang," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jokowi Rilis Gaji Baru PNS Lembaga Ini, Tertinggi Rp42 Juta!


(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading