Ramai-ramai Negara Pangkas Tarif Pajak, Fenomena Apa Ini?

News - MAIKEL JEFRIANDO & Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
25 March 2022 14:05
FILE PHOTO: Containers are pictured at a terminal in the harbour of Hamburg, Germany, late September 23, 2012.     REUTERS/Fabian Bimmer/File Photo

Jakarta, CNBC Indonesia - Sederet negara memutuskan untuk memangkas tari pajak dalam beberapa waktu terakhir. Ada pemangkasan pajak pertambahan nilai (PPN), pajak penghasilan (PPh), hingga pajak khusus bahan bakar.

Negara terdekat yang baru memangkas tarif pajak adalah Vietnam. PPN yang selama ini berlaku 10% diturunkan menjadi 8%. Seperti dilansir Reuters, Jumat (25/3/2022) keputusan tersebut diambil untuk membantu sektor bisnis yang terdampak oleh covid-19.


Pemerintah Vietnam mengakui akan kehilangan penerimaan US$ 2,17 miliar, akan tetapi dengan penurunan tarif tersebut, bisa membantu pemulihan daya beli masyarakat dan sektor bisnis.

Negara-negara Eropa juga melakukan langkah serupa. Hampir semua negara di Eropa ada yang telah memangkas pajak atas energi ataupun bahan pangan.


Portugal telah memangkas PPN BBM sebesar 13%, Belgia akan memangkas PPN gas dan listrik menjadi 6% dari Maret-Juli 2022, Siprus telah memangkas PPN untuk penggunaan listrik penggunaan rumah tangga menjadi 9% dari 19 sementara bensin menjadi 5%. Italia telah memotong PPN penggunaan gas kebutuhan rumah tangga menjadi 5% sampai Juni 2022.

Spanyol telah memangkas PPN untuk penggunaan BBM kebutuhan rumah tangga dari 21% menjadi 10% sampai 30 April tahun ini. Kroasia juga memangkas PPN untuk bahan bakar pemanas dan bahan makanan dasar mulai bulan depan.

Pertengahan Februari lalu, pemerintah Turki telah memangkas PPN untuk bahan pangan dasar menjadi 1% dari sebelumnya 8%. Penurunan pajak berlaku untuk dairy products, buah-buahan, sayur-sayuran serta minyak goreng. Turki juga telah menghapus bea masuk untuk produk minyak bijih bunga matahari untuk menurunkan harga.

Pemerintah Bulgaria tengah mengajukan pemotongan pajak hingga 0% untuk bahan pangan, air, dan listrik dari April tahun ini.


Polandia akan memotong PPN atas listrik dan gas dari 23% menjadi 8% untuk Februari hingga Juli 2022 serta penurunan bahan pangan menjadi 0% di Februari 2022 dan bensin menjadi 8%.

Mulai April-Juli, Belanja akan menurunkan cukai LPG dan LNG sebesar 4,1 cent euro per liter sementara untuk bensin dan diesel turun hingga 21%. PPN untuk energi turun dari 21% ke 9%. Dengan sejumlah relaksasi tersebut harga bensin akan turun sekitar 17,3 sen per liter.

Pada Oktober lalu, Prancis telah memberi subsidi sebesar 100 euro kepada mereka yang berpenghasilan di bawah 2.000 euro per bulan. Prancis juga berencana untuk meringankan beban pengemudi truk dengan memberikan diskon sebesar 0,15 euro per liter untuk pembelian bensin dan diesel.

Memahami Fenomena Pajak di Dunia
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading