Xi Jinping Hingga Macron Telepon Jokowi, Pusing & Kebingungan

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 March 2022 08:37
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan bagaimana seluruh pimpinan dunia pusing dan kebingungan dalam menghadapi eskalasi perubahan dunia dalam beberapa waktu terakhir.

Kisah tersebut diceritakan Jokowi dalam pengarahan kepada para gubernur, bupati, dan walikota tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (25/3/2022).


Jokowi menyebut situasi saat ini semakin tidak pasti. Pandemi Covid-19, disrupsi teknologi, hingga perang antara Rusia-Ukraina telah membuat dunia semakin tidak pasti dan sulit untuk dikalkulasi dampaknya.

Jokowi mengaku menerima panggilan telepon dari sejumlah pimpinan dunia. Mulai dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden China Xi Jinping, hingga Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"Sebelumnya Kanselir Jerman telepon, semuanya sama. Bingung menyelesaikan persoalan yang kita alami bersama," tegas Jokowi.

Persoalan kelangkaan energi menjadi salah satu pembahasan. Jokowi mengatakan, situasi ini telah membuat sejumlah pimpinan negara menempuh kebijakan extraordinay dalam menyikapi dinamika yang terjadi.

"Kelangkaan energi, naik sekarang US$ 118 per barel. Dua kali lipat. Sehingga negara-negara yang tidak subsidi BBM-nya naik dua kali lipat," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jreng! Xi Jinping Beri Pesan Akhir Tahun, Warning Taiwan


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading