Pusing & Bingung, Apa yang Dibicarakan Xi Jinping ke Jokowi?

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
25 March 2022 10:55
Presiden Joko Widodo menerima sejumlah seniman senior di Istana Kepresidenan Bogor, pada Rabu, 23 Februari 2022. Dalam pertemuan tersebut, para seniman senior antara lain menyampaikan aspirasi mereka terkait kebudayaan. (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendapatkan panggilan telepon dari sejumlah pimpinan negara. Para kepala negara saling berbagi cerita mencermati dinamika perubahan dunia.

Berbicara saat memberikan pengarahan dalam acara Aksi Bangga Buatan Indonesia, Jumat (25/3/2022), Jokowi menyebut bagaimana semua negara saat ini pusing dengan situasi dunia yang semakin tidak pasti.


"Semua negara betul-betul pusing semua," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

Dalam dua minggu terakhir, Jokowi mengaku menerima telepon langsung dari para pimpinan dunia, antara lain Presiden China Xi Jinping, Presiden Prancis Emmanuel Macron, hingga Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.

"Sebelumnya Kanselir Jerman baru telepon. Semuanya sama. Bingung menyelesaikan persoalan yang kita alami bersama," kata Jokowi.

Jokowi mengakui bahwa saat ini situasi semua negara berada pada kesulitan ekonomi gegara pandemi Covid-19 dan disrupsi teknologi. Hal tersebut semakin diperparah dengan perang antara Rusia dan Ukraina.

"Ditambah babak belur lagi karena perang, sehingga semuanya menjadi tidak pasti, semuanya tidak bisa dihitung dengan angka yang pasti," tegasnya.

Jokowi mencontohkan, misalnya seperti kelangkaan pasokan energi yang membuat harga minyak dunia meningkat. Banyak negara yang akhirnya menempuh keputusan yang tidak bisa menghadapi situasi ini.

"Negara-negara yang tidak mensubsidi BBMnya naik langsung 2x lipat, bayangkan kita naik 10% saja, demonya 3 bulan. Ini naik 2 kali lipat artinya 100% naik," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Xi Jinping Hingga Macron Telepon Jokowi, Pusing & Kebingungan


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading