Internasional

Tetangga RI Beri Bantuan Militer ke Ukraina, Jet Tempur?

News - Tommy Patrio Sorongan, CNBC Indonesia
21 March 2022 15:30
Service members of pro-Russian troops in uniforms without insignia are seen atop of armoured vehicles during Ukraine-Russia conflict outside the separatist-controlled town of Volnovakha in the Donetsk region, Ukraine March 12, 2022. REUTERS/Alexander Ermochenko

Jakarta, CNBC Indonesia - Tetangga RI, Selandia Baru akan memberikan bantuan militer Ukraina. Namun bantuan ini bukanlah jet tempur melainkan "bersifat tidak mematikan".

Pengumuman resmi dilakukan pemerintah Perdana Menteri Jacinda Ardern, Senin (21/3/2022). Bantuan berupa 1.066 pelat pelindung tubuh, 473 helm, dan 571 rompi kamuflase dan anyaman harness.


"Selandia Baru akan memberikan kontribusi lebih lanjut sebesar $ 5 juta (sekitar Rp 49 miliar) " ujar pemerintah dikutip dari CNN International.

"... untuk mendukung Ukraina dan menyediakan berbagai peralatan pertahanan untuk dibagikan dengan Ukraina atas permintaan mereka."

Sebelumnya, Selandia Baru juga memberi sanksi ke Rusia. Terbaru, Negeri Kiwi, memasukkan 364 politisi dan militer ke daftar larangan masuk.

Sebanyak 13 individu dan 19 entitas juga dihukum dengan pembekuan aset. Mereka yang ada dalam daftar termasuk Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov.

"Ini adalah pertama kalinya Selandia Baru memberikan dana langsung kepada organisasi pihak ketiga untuk bantuan militer non-mematikan semacam ini, dan menggarisbawahi pentingnya menolak tindakan apa pun yang memiliki konsekuensi merugikan bagi kedaulatan negara," jelas kata PM Ardern.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tertutup Abu, Ini Penampakan Terbaru Tonga Pasca Tsunami


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading