Internasional

Tetangga RI Kirim Hercules untuk Bantu Ukraina

News - sef, CNBC Indonesia
11 April 2022 16:00
Pesawat angkut militer Hercules, C130J. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Tetangga RI, Selandia Baru, mengirimkan pesawat Hercules C-130 H untuk membantu Ukraina. Negeri Kiwi juga menerbangkan 50 personal pendukung ke Eropa untuk bertugas selama dua bulan.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan ini merupakan cara pemerintah membantu Angkatan Darat Ukraina mengusir serangan Rusia. Namun, tim tidak akan memasuki Ukraina langsung.


"Tim akan melakukan perjalanan ke seluruh Eropa mengangkut peralatan dan pasokan ke pusat distribusi untuk Ukraina," kata pemerintah Selandia Baru, dikutip CNN International, Senin (11/4/2022).

Selandia Baru sebelumnya juga menyumbang US$ 8,8 juta untuk Negara Presiden Volodymyr Zaelensky itu. Namun peralatan militer akan didistribusikan melalui Inggris.

Rusia telah menyerang Ukraina sejak 24 Februari. Hingga kini perang masih berlanjut.

Presiden Rusia Vladimir Putin disebut menunjuk Jenderal Angkatan Darat Alexander Dvornikov sebagai komandan baru serangan Rusia ke Ukraina. Ini untuk membayar kegagalan fase pertama serangan, di mana Rusia gaga merebut wilayah Ukraina Tengah. 

Dvornikov sendiri adalah komandan pertama operasi militer Rusia di Suriah. Ia diharapkan bisa menuntaskan serangan di Ukraina Timur, yang mana kelompok separatisnya sudah didukung Rusia sejak lama.

Rusia juga dilaporkan melakukan serangan rudal baru kemarin. Ini dilakukan di tiga wilayah yakni Dnipropetrovsk, Mykolaiv dan Kharkiv.

Sementara itu, gambar satelit yang dikumpulkan dan dianalisis oleh Maxar Technologies menunjukkan konvoi militer Rusia sepanjang delapan mil tau 12,8 kilometer (km) ke Kharkiv di Ukraina timur.

Kepala Intelijen Pertahanan Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia berkumpul kembali melintasi perbatasan dan berencana untuk maju menuju Kharkiv. Diyakini akan ada serangan besar baru.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tertutup Abu, Ini Penampakan Terbaru Tonga Pasca Tsunami


(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading