Ini Kronologi Terbakarnya Motor Alex Rins di MotoGP Mandalika

News - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
20 March 2022 08:55
Motor balap Alex Rins (Suzuki Ecstar) terbakar saat menjalani sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Mandalika, Sabtu, 19 Maret 2022. (Tangkapan Layar Youtube)

Jakarta, CNBC Indonesia - Latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Mandalika 2022 sempat dihentikan sementara setelah sepeda motor pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins terbakar di Sirkuit Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (19/3).

Sepeda motor Suzuki GSX-RR yang ditunggangi Rins terbakar saat waktu FP4 tersisa sekitar kurang dari setengah jam lagi. Momen terbakarnya motor Rins terjadi saat pembalap asal Spanyol itu memasuki tikungan 10. Semula Rins tidak sadar sepeda motornya terbakar hingga ia berusaha melihat apa yang terjadi dengan karena tidak bisa menggeber gas.

Setelah sadar sepeda motornya terbakar, Rins kemudian melompat dari sepeda motornya untuk menyelamatkan diri di tikungan 13 Sirkuit Mandalika. Sejumlah marshal kemudian datang dan berusaha memadamkan api.


Rins pun memberikan kesaksian ketika dia memutuskan segera lompat dari kuda tunggangannya itu. Ia mengaku itu spontan dilakukan karena takut terjadi hal yang tak diinginkan. Meskipun tak terluka maupun cedera dalam insiden itu, Rins mengaku saat itu terjadi cukup 'mengerikan' baginya.

"Ada sebuah masalah dengan saluran mengalirnya bensin, mereka [teknisi tim] sudah mengecek [lagi]," ujar Rins mengutip dari Autosport.

Rins mengaku saat di tikungan 10 sebetulnya dia sudah merasakan ada yang janggal dengan sepeda motornya. Motornya sempat terselip diduga karena tumpahan minyak.

Dia lalu sempat melihat kondisi sepeda motornya, namun saat itu menurutnya baik-baik saja.

"Kemudian saya melihat ke arah dua kaki saya, ke arah ban, namun semuanya masih bisa dikontrol. Saya melanjutkan untuk memacu dan tiba-tiba saja di tikungan berikutnya saya kehilangan tenaga lagi," kata Rins.

"Jadi saya ke pinggir trek untuk keamanan saya, dan juga keamanan yang lain," imbuhnya.

Saat itulah, kata dia, api di motornya semakin membesar.

"Kemudian saya melihat ke motor, saya melihat semuanya terbakar dan itu sebuah momen yang menakutkan karena di dalam kepala saya seperti ada yang berkata, 'Alex, lompat', karena mungkin motor itu akan meledak," tuturnya.

Menurut Rins, momen tersebut cukup buruk dan membuat Race Direction MotoGP memutuskan untuk mengibarkan bendera merah atau red flag. Sesi FP4 kemudian dihentikan dan pihak FIM Safety memeriksa kondisi trek sebelum sesi FP4 bisa kembali digelar.

Dalam babak kualifikasi selanjutnya, Rins mendapatkan hasil untuk memulai start kedelapan di hari balap MotoGP Mandalika, Minggu (20/3).


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

MotoGP di Era Jokowi


(pgr/pgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading