Kang Emil Optimis Bawa Jabar Tumbuh dengan Ekonomi Kreatif

News - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
15 March 2022 18:35
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di acara Investasi Jawa Barat Juara,

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil yakin akan melihat gelombang baru kreativitas dalam beberapa dekade ke depan. Untuk itu, Pemprov Jawa Barat berkomitmen untuk membawa ekonomi kreatif di masa depan. 

Hal itu ia sampaikan dalam acara CONNECTI:CITY 2022 pada 15 Maret 2022 yang digelar Pemprov Jabar dan sekaligus menjadi bagian dari side event G20 Presidensi Indonesia.

Pria yang akrab disapa kang Emil ini mengatakan, optimismenya tidak lepas dari Jawa Barat yang menjadi satu-satunya Provinsi dan pemerintah di Indonesia yang sudah memiliki peraturan-peraturan daerah tentang ekonomi kreatif.


"Kami juga mendorong pendidikan UKM karena ekonomi Jawa Barat 90% adalah UKM. Tetapi UKM yang dimaksud adalah UKM yang lebih kreatif, merespon, dan beradaptasi dengan digital," ujar kang Emil.

Selain itu, dia juga menambahkan, bahwa Jawa Barat juga menggunakan ekonomi kreatif sebagai diplomasi. Kang Emil mengaku menggunakan diplomasi ekonomi kreatif untuk menjalin hubungan baik dengan kota-kota dari negara lain. Contohnya, dia menggunakan angklung hingga batik sebagai instrumen diplomasi tersebut.

"Kami menggunakan alat musik bambu, angklung, yang dikirim ke kedutaan dan ditawarkan ke 200 kedutaan," tambahnya. 

Selain itu, kang Emil juga menggunakan Batik yang ia rancang sendiri, dan sudah dipakai oleh superstar K-Pop Korea Selatan, yakni dua idol K-Pop dari grup Super Junior, Yesung dan Leeteuk pada 2021 lalu. Dia yakin saat ini orang Korea Selatan memahami dan menghormati yang Indonesia gunakan selama diplomasi.

"Kita membutuhkan diplomasi yang lebih lembut untuk mengirim pesan. Jadi saya pikir untuk menyimpulkan kami berharap kami dapat pulih lebih kuat dan kami berharap kami juga dapat pulih bersama," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jabar Juara PON, Kang Emil: Bukan Jago Kandang


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading