Daihatsu - Toyota Recall Raize - Rocky, Seberapa Parah?

News - Ferry Sandi, CNBC Indonesia
14 March 2022 15:20
Daihatsu Rocky (Tangkapan Layar via daihatsu.co.jp) Foto: Daihatsu Rocky (Tangkapan Layar via daihatsu.co.jp)

Jakarta, CNBC Indonesia - Daihatsu dan Toyota kompak melakukan recall terhadap puluhan ribu unit kendaraan. Daihatsu mengumumkan recall untuk Rocky, GranMax, dan Luxio. Sementara Toyota melakukan hal serupa terhadap mobil kembaran Rocky, yaitu Toyota Raize.

Pihak Toyota menjelaskan, recall dilakukan menyusul temuan adanya anomali pada sambungan fender apron bagian depan mobil baru andalan Toyota di Indonesia ini.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengungkapkan, recall kali ini tidak begitu mendesak dibandingkan recall akibat masalah fuel pump beberapa waktu lalu. Meski demikian, pengguna tetap dianjurkan mengikuti instruksi dari pabrikan.

"Spakbor di bawahnya ada ban, ujung spakbor bodi ada plastik yang melingkar sesuai bentuk spakboard tersebut. Sambungan itu namanya fender. Jadi nggak terlalu substantif, lebih ke kenyamanan aja di bunyinya," katanya kepada CNBC Indonesia, Senin (14/3/22).

Kondisi ini berbeda dengan recall pompa bahan bakar yang ramai berlangsung pada tahun lalu. Beberapa pabrikan pun mengalaminya, selain Daihatsu dan Toyota, ada juga mobil Jepang lainnya yakni Honda serta Mitsubishi yang mengalami hal serupa.

"Kalau fuel pump bahaya, selain mogok bisa bocor, macet bisa tumpah (tangkinya), fender nggak," sebutnya.

Karena itu, Jusri menilai bahwa langkah agen tunggal pemegang merk (ATPM) melakukan recall merupakan nilai tambah. Pabrikan harus mengakui jika memang ada kesalahan minor dalam proses produksi. Dengan demikian, keamanan pengguna juga lebih terjamin.

"Padahal mungkin minornya tidak begitu besar, tapi pabrikan berani untuk recall. Dulu di Indonesia recall ini menjadi aib karena dianggap cacat produksi lah atau apa, sekarang justru menunjukkan bahwa pabrikan berani mengakui demi keamanan penggunananya," ujar Jusri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

'Tsunami' Recall Hantam RI: dari Mobil Jepang Sampai Korea!


(dce/dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading